Trump Gugat Indonesia Rp. 5 Triliun ke WTO

423

Triaspolitica.net : Amerika Serikat telah meminta WTO (World Trade Organization/Organisasi Perdagangan Dunia) untuk memberikan denda kepada Indonesia senilai $350 juta dolar atau setara Rp. 5 T karena sengketa perdagangan.

Amerika Serikat memenangkan putusan WTO pada tahun 2017 atas pembatasan impor yang diberlakukan pemerintah Indonesia. Indonesia melarang impor sejumlah produk dari Amerika Serikat, seperti : makanan, tanaman dan produk hewan, termasuk apel, anggur, kentang, bawang, bunga, jus, buah kering, sapi, ayam dan daging sapi.

Amerika Serikat kemudian memprotes keputusan Indonesia ke WTO dan menyebut Indonesia telah melanggar kesepakatan perdagangan. AS akhirnya memenangkan putusan tersebut. Tidak terima dengan keputusan WTO, Indonesia mengajukan banding namun kalah, seperti dilansir dari Reuters, Rabu, (8/8/2018).

Awal pekan ini, AS kembali mengirimkan tuntutan kepada WTO dan mengatakan bahwa Indonesia tidak mematuhi putusan itu, sehingga Washington menuntut ganti rugi sebesar Rp. 5 T kepada Indonesia sebagai kompensasi atas kerugian yang dialami AS.

“Berdasarkan analisis awal dari data yang tersedia untuk produk tertentu, nilai kerugian kami diperkirakan sekitar $ 350 juta (Rp. 5T) pada tahun 2017. Amerika Serikat akan terus memperbarui angka ini setiap tahun,” bunyi tuntutan tersebut.

Indonesia dilaporkan masih mempelajari tuntutan AS tersebut. Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa pihak berwenang di Jakarta telah memenuhi keputusan panel WTO. Indonesia juga telah melakukan revisi undang-undang tentang impor makanan.

Indonesia disebut telah melobi pejabat senior AS untuk menjaga Indonesia tetap dalam daftar negara-negara berkembang yang menerima persyaratan perdagangan khusus di bawah Generalized System of Preferences (GSP) Amerika Serikat. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here