Bos Bappebti Tersandung Kasus Mafia Migor, Bagaimana Nasib Bursa Kripto Indonesia? - TriasPolitica.net | Political Around The Globe
logo

Bos Bappebti Tersandung Kasus Mafia Migor, Bagaimana Nasib Bursa Kripto Indonesia?

Bos Bappebti Tersandung Kasus Mafia Migor, Bagaimana Nasib Bursa Kripto Indonesia?


Triaspolitica.net :
Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardana diketahui menjadi tersangka dugaan korupsi minyak goreng. Dia diketahui juga merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).


Dengan tertangkapnya bos Bappebti ini, menjadi pertanyaan nasib proyek bursa kripto yang belum juga diluncurkan hingga saat ini. Namun Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Senjaya memastikan proyek itu tidak terganggu dengan masalah ini.


"Tentu tidak, kan untuk operasional organisasi pasti ditunjuk Plt kepala Bappebti pengganti," kata Tirta kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/4/2022).


Sebelumnya bursa kripto direncanakan akan diluncurkan pada kuartal 1-2022. Namun hingga saat ini belum ada tanda kehadiran bursa kripto Indonesia itu.


Kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu, Tirta menjelaskan pihaknya masih memastikan kesiapan sistem bursa. Ini membuat bisa terintegrasi secara pararel.


Sejalan dengan hal itu, bursa kripto juga masih menunggu kesiapan dari infrastruktur pendukung lainnya.


"Kami masih sedang memastikan lagi kesiapan sistem di bursa agar terintegrasi paralel sambil menunggu kesiapan infrastruktur pendukung lainnya seperti kliring dan kustodi," kata Tirta.


"Perlindungan bagi nasabah ada nanti arbitrase untuk selesaikan perselisihan dan aduan dan dimungkinkan juga ada asosiasi terkait."


Tirta juga menjawab kapan infrastruktur sial dan bursa resmi meluncur. Menurutnya semua itu bergantung pada kesiapan entitasnya.


"Ya tergantung dari entitas tersebut siapnya," ungkapnya.


Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan bursa kripto ini akan membuat aktivitas jual beli menjadi lebih terintegrasi antra konsumen dan pedagang. Selain itu keamanan dan perlindungan konsumen juga memegang peranan penting.


"Saat ini jual-beli langsung ke trader. Dengan hadirnya bursa, ini akan lebih accountable, kliring-nya, kustodian-nya, pencatatannya, record-nya, dan lainnya lebih terintegrasi antara konsumen, pedagang, dan juga tentunya yang paling penting adalah memberikan keamanan dan perlindungan untuk konsumen. Ini yang menjadi perhatian kami di Kemendag," jelas Jerry beberapa waktu lalu.


Dalam kesempatan berbeda, Jerry memang tak mengatakan waktu pasti bursa kripto diluncurkan. Namun dia berharap bisa secepatnya dan saat itu menginginkan untuk dapat hadir pada kuartal 1 tahun 2022 ini. 


"Kita secara prinsip ingin secepatnya, kalau bisa di kuartal satu ini," kata Jerry bulan lalu.


Sumber : CNBCIndonesia.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact