Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PP Muhammadiyah Sebut Pembakaran Al-Quran Sikap Picik, Tapi Harus Dibalas dengan Akhlak Islam

 


Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti. (Foto: Republika/Prayogi)

Triaspolitica.net : Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menegaskan kecamannya terhadap aksi pembakaran Alquran yang dilakukan politisi Denmark Rasmus Palundan di Swedia, Sabtu (21/1/2023) lalu.

Abdul Mu’ti menyebut aksi pembakaran Alquran itu adalah bentuk sikap dan pandangan yang picik serta kebencian yang berlebihan terhadap Islam.

Namun Abdul Mu’ti meminta umat Islam, khususnya di Indonesia tetap mampu menjaga dan menahan amarah, tetap sabar dan menunjukkan akhlaq Islam yang terpuji.

“Pembakaran replika Alquran itu menggambarkan sikap dan pandangan yang picik serta kebencian kepada Islam yang berlebihan. Perbuatan itu seharusnya tidak dilakukan jika Rasmus menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme dan multikulturalisme,” kata Abdul Mu’ti.

Mu’ti menyebut aksi Rasmus Paludan adalah perbuatan tercela dan menggambarkan sikap serta pandangan yang picik. Karena itu dia menilai wajar jika umat Islam marah atas kejadian tersebut.

Namun, Mu’ti berpesan jika kemarahan umat Islam perlu dilakukan dengan cara-cara yang menggambarkan keluhuran akhlak dalam Islam.

“Sangat wajar apabila umat Islam marah. Akan tetapi, kemarahan itu harus dilakukan dengan cara-cara yang menggambarkan keluhuran akhlak Islam. Ekspresi kemarahan dan perlawanan yang berlebihan tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa menimbulkan masalah baru dan memancing penggunaan cara yang sama untuk kepentingan politik kekuasaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mu’ti menyebut aksi pembakaran itu merupakan tindakan pribadi dan bukan representasi atau sikap partai serta negara.

Meski demikian, pemerintah Indonesia menurutnya harus memanggil Dubes Swedia untuk Indonesia. “Pemerintah Indonesia bisa meminta keterangan dari Dubes Swedia di Indonesia terkait dengan kasus pembakaran replika Alquran tersebut,” imbuhnya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah mengutuk keras aksi pembakaran ini dengan menyebut sebagai tindakan yang melukai dan menodai toleransi umat beragama.

Sumber : Muhammadiyah.or.id | Weblink : https://muhammadiyah.or.id/abdul-muti-kecam-pembakaran-al-quran-di-swedia

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom