Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bolehkah Memanfaatkan Diskon Natal dan Tahun Baru bagi Seorang Muslim?



Pertanyaan :

Di Australia ada diskon besar pada barang-barang seperti pakaian, peralatan rumah tanggga, elektronik dan yang lainnya. Apakah diperbolehkan bagi saya membeli untuk mendapatkan diskon besar yang mana hal itu tidak mungkin ada kecuali pada waktu seperti ini pada setahun.


Jawaban :

Alhamdulillah.


Tidak mengapa membeli pakaian, peralatan rumah tangga dan lainnya pada musim hari raya orang kafir seperti natalan dan tahun baru. Dengan syarat seseorang muslim tidak membeli produk atau barang yang digunakan untuk merayakan perayaan hari raya mereka atau untuk membantu memeriahkan hari raya mereka atau untuk meniru orang kafir dalam perayaan mereka.


Dan seorang muslim juga diperbolehkan membuka tokonya atau berdagang di saat perayaan hari raya orang kafir dengan dua syarat :


Pertama, tidak menjual apa yang bisa membantu dalam kemaksiatan atau membantu dalam kebutuhan hari raya mereka, seperti menjual aksesoris natal, pohon natal, dan sejenisnya.


Kedua, tidak menjual barang atau produk yang akan digunakan untuk menyerupai atau ikut memeriahkan perayaan hari raya mereka seperti : terompet, kembang api dan sejenisnya.


Tidak diragukan lagi, bahwa ada barang atau produk yang dikenal digunakan untuk perayaan ini. Seperti kartu, gambar, patung, salib, pohon natal dan sejenisnya. Maka ini semua tidak dibolehkan menjualnya bagi seorang muslim dan bahkan tidak boleh dimasukkan ke dalam tokonya.


Dengan demikian, boleh-boleh saja memanfaatkan promo atau diskon natal dan tahun baru, karena yang menjadi tujuan adalah berjual-beli dan mencari diskon bukan untuk memeriahkan hari raya orang kafir dan jika bertepatan dengan waktu perayaan orang kafir, hal itu tidaklah masalah dengan syarat-syarat yang telah dijelaskan di atas. Wallahu’alam.


Referensi: Dijawab oleh Syaikh Sholeh Al-Munajjid, Islam QA | Editor : Hermanto Deli

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom