Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ma’ruf Amin: Capres yang Gagal Nyalon Sudah Garis Tangannya


Triaspolitica.net 
: Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap orang yang batal menjadi calon presiden di Pilpres 2024 tidak menyalahkan pihak manapun. Ma’ruf menegaskan bahwa capres baru bisa maju jika mendapat tiket dari partai politik seperti diatur dalam UU No. 7 tahun 2017.

“Kalau untuk Pilpres juga begitu saya kira, itu sudah ada aturannya. Kalau sudah didukung oleh partai-partai sesuai dengan ketentuan batasnya, pasti dia akan lolos, kalau tidak lolos berarti memang tak didukung oleh cukup suara partai,” kata Ma’ruf di sela kunjungan kerjanya di Bali yang disiarkan di kanal YouTube Wakil Presiden RI, Jumat (23/12/2022).

“Jadi tidak perlu menyalahkan siapa-siapa, karena sudah garis tangannya begitu, garis tangan namanya itu,” tambahnya. Ma’ruf menegaskan penetapan Capres dan Cawapres bukan kewenangan pemerintah, melainkan parpol atau gabungan parpol yang membentuk koalisi.

Dia juga menjelaskan bahwa Indonesia telah berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu yang aman dan damai. Ia meminta para kontestan dan berbagai pihak mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Termasuk juga bagi parpol yang telah ditetapkan oleh KPU baik yang lolos maupun belum lolos untuk mengikuti Pemilu 2024 agar mengikuti aturan yang ada. “Sudah ada aturan mainnya, seharusnya kita ya berjalan di atas aturan [yang berlaku],” imbau dia.

Ma’ruf juga meminta para parpol yang belum memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2024 tidak menyalahkan pihak manapun. Sejauh ini, KPU telah menetapkan 17 partai politik sebagai partai peserta pemilu 2024. Ada beberapa yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Sumber : CNN Indonesia | Weblink : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221223123523-32-891192/maruf-capres-yang-gagal-nyalon-sudah-garis-tangannya

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom