Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Erdogan Selalu Kalah Dalam Survei Tapi Menang dalam Pilpres


TriasPolitica.net :
Presiden Erdogan telah memenangkan putaran kedua pemilihan presiden Turki yang digelar pada Ahad kemarin, 28 Mei 2023. Kemenangan ini membuatnya berkuasa lagi untuk periode ketiga sekaligus mengejutkan banyak pihak karena Erdogan selalu diprediksikan kalah oleh berbagai lembaga survei.

Erdogan dari Koalisi Rakyat berhasil menang dengan meraih 52,18 persen dengan total pemilih 27.834.692 suara. Sementara rivalnya, Kemal Kilicdaroglu dari Koalisi Nasional meraih 47,82 persen dengan total pemilih 25.504.552 suara. Selisih perolehan suara keduanya mencapai sekitar 2 juta.

Beberapa pekan menjelang pemungutan suara, beberapa lembaga survei memprediksi Erdogan dikalahkan Kemal Kilicdaroglu. Contoh, sebuah survei dari lembaga Konda memprediksi dukungan untuk Erdoğan 43,7% dan Kılıçdaroğlu 49,3%. Survei ini dilakukan 6-7 Mei 2023.

Konda, melakukan wawancara tatap muka dengan 3.480 orang di 35 pusat provinsi. Survei tersebut diklaim memiliki margin error +/- 2,2% pada tingkat kepercayaan 99%.

Lembaga Metropoll juga menunjukkan pemungutan suara akan berlanjut ke putaran kedua, dengan Kılıçdaroğlu mendapatkan 49,1% dan Erdoğan 46,9%. Dalam putaran kedua, menurut lembaga itu, Kılıçdaroğlu menang dengan 51,3%.

Salah satu lembaga survei lain, MAK, dalam jajak pendapat yang diterbitkan pada 7 Mei menunjukkan Kemal Kilicdaroglu menang 50,9% dalam pemilihan presiden, cukup untuk mengamankan kemenangannya di putaran pertama.

Namun, Faktanya, Erdogan yang diprediksi kalah oleh lembaga-lembaga survei justru keluar sebagai pemenang baik di putaran pertama maupun di putaran kedua. ***

Lihat di : https://secim2023.hurriyet.com.tr/28-mayis-2023-secimleri/secim-sonuclari/

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved