Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Luhut Ungkap Alasan Sukai Investor China: Mereka Tidak Sungkan Transfer Teknologi


TriasPolitica.net :
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan investor dari China berperan penting bagi Indonesia. Luhut mengaku sangat menyukai investor dari China karena mereka mau melakukan transfer teknologi.

"Saya suka dengan China, karena technology sharing-nya. Dia mau sharing," ujar Luhut di acara 'China (Sichuan)-Indonesia Economic and Trade Conference' di Jakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Menurut Luhut, selama ini banyak orang menilai buruk mengenai investor China di Indonesia. Padahal investor asal Negeri Bambu tersebut banyak memberi keuntungan.

"Orang banyak kritik saya, kok mau kalau ditipu gimana? Kalau bukan karena mereka kita enggak bisa ekspor 34 miliar dolar AS turunan nikel," kata Luhut.

Luhut pun menegaskan, Indonesia tidak memiliki utang kepada China walau banyak proyek kerja sama antarkedua negara. Semua kesepatakan dilakukan secara Business to Business (B to B).

"Kita tidak ada national debt kepada Tiongkok. Itu semua B to B," ungkapnya.

Dalam paparannya, Luhut menyebutkan, akumulasi investasi China ke Indonesia sepanjang periode 2014-2022 menembus 30,80 miliar dolar AS. Investasi itu untuk 15.906 proyek.

Sementara Kementerian Investasi mencatat, pada 2022 China menempati posisi kedua sebagai negara yang paling banyak berinvetasi di Indonesia. Nilainya mencapai 5,18 miliar dolar AS. ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved