Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemilu Turki Jungkir Balikkan Lembaga Survei, Erdogan Tetap Unggul Walau Diprediksi Bakal Kalah Telak di Pilpres

TriasPolitica.net : Hasil pemilu Turki ternyata jauh dari perkiraan lembaga survei yang menunjukkan Erdogan bakal kalah telak melawan kandidat dari kandidat oposisi Kemal Kilicdaroglu.

Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara, Erdogan unggul 49,5% dengan perolehan suara 27.088.360 pemilih. Sementara lawannya, Kemal Kilicdaroglu mendapatkan 44,89% dengan perolehan suara 24.568.196 pemilih. Sementara suara yang masuk sudah mencapai 99,87%.

Hal itu berbeda jauh dengan berbagai prediksi yang dikeluarkan oleh lembaga survei sebelum pemilu Turki digelar. Pemilu Turki 2023 sudah berlangsung pada hari Ahad kemarin, 14 Mei 2023 dan akan memasuki putaran kedua pada 28 Mei mendatang karena tidak ada calon yang mencapai suara 50% lebih.

Jajak pendapat dair berbagai lembaga survei selama berminggu-minggu menunjukkan Kilicdaroglu unggul jauh di atas Erdogan. Hal itu sejalan dengan persepsi bahwa popularitas sang presiden telah menurun sejak Covid-19, inflasi yang melonjak dan krisis biaya hidup.

Salah satu lembaga survei, MAK, dalam jajak pendapat yang diterbitkan pada 7 Mei menunjukkan Kemal Kilicdaroglu menang 50,9% dalam pemilihan presiden, cukup untuk mengamankan kemenangannya di putaran pertama.

Namun, hasil penghitungan suara sementara menunjukkan sebaliknya. Erdogan tetap unggul dibandingkan lawannya Kemal Kilicdaroglu dari partai oposisi.

Erdogan dan Kilicdaroglu memang tak mencapai ambang minimal untuk keluar sebagai pemenang, yaitu 50 persen, sehingga mereka harus kembali bertarung di pemilu putaran kedua pada 28 Mei mendatang.

Namun, hasil ini tetap mengejutkan karena sebelumnya, sebagian besar lembaga survei memprediksi Kilicdaroglu bakal menghajar Erdogan dan mendepaknya dari kursi presiden. Namun nyatanya, Erdogan tetap unggul di pemilu, walau memang dengan angka terpaut tipis dari Kilicdaroglu.

Meskipun demikian, koalisi Erdogan, Aliansi Rakyat, juga berhasil mendapatkan mayoritas suara di parlemen dengan raihan 321 atau 49,46% dari 600 kursi yang diperebutkan. Sementara, partai koalisi Kemal hanya mendapatkan 213 kursi atau 35,02%. Capaian ini dianggap dapat sangat membantu Erdogan dalam pemilu putaran kedua nantinya. ***

Lihat hasil penghitungan suara Pemilu Turki: https://secim2023.hurriyet.com.tr/14-mayis-2023-secimleri/secim-sonuclari/

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA.id)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved