Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sama dengan Indonesia: Malaysia, Singapura, Brunei dan Thailand Rayakan Idul Adha pada Kamis 29 Juni 2023


TriasPolitica.net :
Sama seperti Indonesia, negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Thailand juga akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H pada Hari Kamis, 29 Juni 2023.

Dilansir dari Kantor Berita Malaysia (Bernama), Pengumuman Idul Adha di Malaysia diumumkan oleh Asisten Sekretaris Majlis Raja-Raja Datuk Mohd Aseral Jusman.

“Untuk menyelesaikan perintah Baginda Yang di-Pertuan Agong setelah disetujui oleh Baginda Raja-Raja, maka atas nama Yang di-Pertuan Agong Raja-Raja Malaysia dengan ini menyatakan bahwa Hari Raya Qorban (10 Zulhijah) untuk negara bagian seluruh Malaysia ditetapkan pada Kamis, 29 Juni 2023 M," kata Datuk Mohd Aseral Jusman dalam pengumuman yang disiarkan Radio Televisi Malaysia (RTM).

Sementara itu, di Singapura diumumkan oleh Mufti Nazirudin Mohd Nasir melalui Dewan Agama Islam Singapura (Majlis Ugama Islam Singapura), seperti dilansir dari muis.gov.sg :

"Menurut perhitungan astronomi bulan sabit kecil kemungkinannya terlihat di atas cakrawala Singapura saat matahari terbenam sore ini. Ini menandakan bahwa besok akan menjadi akhir dari 30 hari Zulkaedah," kata Dewan Agama Islam Singapura dalam sebuah pernyataan resmi.

"Dengan demikian, hari pertama bulan Zulhijjah 1444 H di Singapura jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023 dan Hari Raya Haji jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023," bunyi pernyataan Dewan Agama Islam Singapura.

Brunei Darussalam mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 setelah Hakim-hakim Syar’i dan petugas Mahkamah Syariah Departemen Kehakiman Negara beserta petugas Departemen Survei ditempatkan di beberapa lokasi untuk melihat hilal. Sama halnya dengan di Indonesia, hilal juga tidak terlihat di sejumlah daerah Brunei.

"​Negara akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada 29 Juni 2023. Pengumuman tersebut dilakukan menyusul hasil penampakan hilal Dzulhijjah dengan hasil hilal tidak terlihat," demikian pernyataan Kementerian Hal Ehwal Agama Brunei Darussalam yang disiarkan melalui radio dan televisi Brunei.

Umat Islam di Thailand juga merayakan Idul Adha pada Kamis, 29 Juni 2023. Pengumuman itu disampaikan oleh Sheikhul Islam Thailand, Aziz Phitakkumpon.

 

“Telah dipastikan bahwa bulan sabit telah terlihat (setelah matahari terbenam pada hari Senin, 19 Juni 2023). Oleh karena itu, 1 Dhu Al Hijjah 1444 H jatuh pada Selasa (20 Juni) dan Idul Adha 1444 H pada Kamis (29 Juni)," ungkap Sheikhul Islam Thailand, Aziz Phitakkumpon dalam keterangan tertulis.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023 melalui Sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama RI.

Meski demikian, ormas PP Muhammadiyah yang memakai metode hisab wujudul hilal, jauh hari telah mengumumkan bahwa pihaknya akan merayakan Idul Adha pada Rabu, 28 Juni 2023. Arab Saudi juga merayakan Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023 setelah berhasil melihat hilal pada Ahad maghrib waktu Saudi, 18 Juni 2023. ***

Redaktur : Abu Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved