Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terima Kunjungan Mahmoud Abbas, Xi Jinping: China Dukung Penuh Negara Palestina Merdeka


TriasPolitica.net :
Presiden China Xi Jinping menyatakan dukungan penuh untuk negara Palestina merdeka dan bersedia memainkan peran positif untuk membantu Palestina mencapai rekonsiliasi internal dan mempromosikan pembicaraan damai dengan Israel. Hal itu diungkapkan Xi Jinping saat menerima kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Beijing, Rabu, 14 Juni 2023.

"Solusi mendasar untuk masalah Palestina terletak pada pembentukan negara Palestina merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya," kata Xi dalam keterangannya seperti dilansir dari Reuters.

"Kami selalu dengan tegas mendukung rakyat Palestina untuk memulihkan hak-hak nasional mereka yang sah," ungkap Xi kepada Abbas.

China secara historis memiliki hubungan baik dengan Palestina dan sejak kunjungan terakhir Abbas pada tahun 2017 secara konsisten berbicara tentang kemampuannya dalam mediasi, meskipun tidak banyak yang terlihat dalam hal ini sampai menjadi perantara kesepakatan mengejutkan antara Iran dan Arab Saudi untuk memulihkan hubungan diplomatik.

Abbas berada di Beijing dalam kunjungan tiga hari di mana dia berharap untuk menunjukkan dukungan China untuk negara Palestina, setelah gagal bertemu dengan pejabat AS saat berada di New York untuk Majelis Umum PBB tahun lalu.

Xi menegaskan kembali dukungan China untuk Otoritas Palestina menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mengatakan Beijing akan terus membela pihak Palestina dalam forum multilateral.

Amerika Serikat menentang keanggotaan penuh Palestina di PBB yang melarang kesepakatan damai dengan Israel, sebuah langkah yang membutuhkan pemungutan suara di Dewan Keamanan di mana AS, seperti China, memegang hak veto.

Xi juga mengatakan masyarakat internasional harus meningkatkan pembangunan dan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Xi dan Abbas juga mengumumkan kedua belah pihak telah sepakat untuk menjalin kemitraan strategis dan menandatangani sejumlah dokumen kerja sama bilateral.

Itu termasuk pakta kerja sama ekonomi dan teknologi, kesepakatan tentang pembebasan visa timbal balik untuk paspor diplomatik, dan persahabatan antara China dan Palestina. ***

Sumber : Reuters | Weblink : https://www.reuters.com/world/china-palestinian-authority-establish-strategic-partnership-chinas-xi-2023-06-14/

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved