Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi Pakai Baju Raja Pakubuwono Surakarta Saat Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara

Jokowi Pakai Baju Raja Pakubuwono Surakarta Saat Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara

TriasPolitica.net : Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Surakarta Hadiningrat dalam Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023.

"Ini ageman songkok singkepan ageng. Ini dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ada tim yang milihlah, bukan saya," kata Jokowi menjelang upacara di Istanaimbuh Jokowi.

Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menuturkan, pakaian yang dikenakan Jokowi adalah pakaian yang dikenakan oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta.

"Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng. Ageman ini dipakai oleh para raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji," kata Bey Machmudin dalam keterangannya, Kamis, (17/8/2023).

Bey menjelaskan, Enggar Eggar soho Tedhak Loji adalah sebuah acara di mana raja keluar dari keraton menaiki kereta kuda dan dikawal perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat.

"Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah)," kata Bey.

Seperti diketahui, Jokowi kerap mengenakan pakaian adat setiap menghadiri upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tahun 2022 lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara. ***

Redaktur : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved