Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Hasto Sebut PDIP Partai Berhaluan Kiri Tapi Bukan Sosialis-Komunis

Hasto Sebut PDIP Partai Berhaluan Kiri Tapi Bukan Sosialis-Komunis

TriasPolitica.net : Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP merupakan partai yang berhaluan kiri. Meski PDIP berhaluan kiri, Hasto tidak setuju partainya disebut berideologi sosialis atau komunis. Hasto menjelaskan maksud berhaluan kiri adalah partai yang memiliki sifat progresif.

Hasto menjelaskan, dalam pengelompokan partai politik ada tiga jenis partai, yaitu partai berhaluan kanan (right), partai berhaluan tengah (center), dan partai berhaluan kiri (left).

"Jadi kalau yang belajar dasar-dasar teori politik maka konfigurasi politik di manapun itu selalu right (kanan), center (tengah), and left (kiri)," kata Hasto dalam pembukaan Rakerda PDIP Banten di Kantor DPD PDIP Banten, Ahad, 10 September 2023.

"Right itu adalah konservatif, tengah itu center yang meramu catch all party yakni partai dengan target semua tanpa diferensiasi ideologis yang jelas. Kalau yang kiri itu progresif, kiri itu bukan komunis bukan sosialis," ungkap Hasto.

Hasto pun mencoba mengelompokkan partai-partai yang ada di Indonesia sesuai dengan haluan kanah, tengah dan kiri tersebut.

"Kalau kita (PDIP) itu dari tengah ke kiri. Kalau PKS dari tengah ke kanan. Kalau Golkar itu tengah. Kira-kira seperti itu dalam teori politiknya," ujar Hasto.

Meski demikian, Hasto tetap menegaskan bahwa semua partai tetap melihat Pancasila dengan arti yang sama. Bedanya, yang kiri atau progresif ingin merombak tatanan yang menjajah banyak orang.

"Maka itu progresif. Tidak bisa menghilangkan pengisapan penjajahan dengan cara nuwun sewu. Penjajah mau menjajah, silakan pergi dari tanah air. Tidak bisa dengan cara-cara seperti itu. Keadilan sosial itu juga progresif," tutur Hasto.

Sementara itu, partai kanan mengedepankan nilai-nilai fundamental ketuhanan. "Maka itu dari tengah ke kanan. Kira-kira begitu penempatannya," pungkas Hasto. ***

Editor : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved