Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Survei Terbaru SMRC: Anies-Muhaimin Belum Mampu Ungguli Ganjar dan Prabowo

Survei Terbaru SMRC: Anies-Muhaimin Belum Mampu Ungguli Ganjar dan Prabowo

TriasPolitica.net : Survei terbaru yang dirilis lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan pasangan bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar belum mampu mengungguli Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Berdasarkan survei SMRC yang dirilis pada Kamis, 14 September 2023 mensimulasikan 3 pasangan Capres-Cawapres, yakni: Ganjar Pranowo berpasangan dengan Ridwan Kamil, Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

"Ganjar-Ridwan Kamil mengantongi 35,4 persen dukungan, sedangkan Prabowo-Erick mendulang dukungan 31,7 persen. Sementara Anies-Muhaimin hanya mendapat dukungan publik sebesar 16,5 persen," kata pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam rilisnya, Kamis (14/9/2023). 

Survei ini merupakan kali pertama SMRC memetakan dukungan terhadap Anies-Muhaimin. Oleh karenanya, tidak bisa dibandingkan apakah sentimen pemilih pada deklarasi Anies-Muhaimin cenderung positif atau negatif.

Namun, dalam survei individual di mana Anies berhadapan dengan Ganjar dan Prabowo, suara Anies mendapat dukungan sekitar 20 persen.

“Artinya, ketika Anies berpasangan dengan Muhaimin, data ini menunjukkan suara Anies belum mengalami kenaikan,”  dikutip dari siaran pers.

Menurut Saiful, 16,5 persen suara Anies-Muhaimin mencerminkan kekuatan dua partai. Keduanya, bisa Nasdem dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), atau Nasdem dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kalau menurun, saya tidak bisa bilang begitu. Tapi setidak-tidaknya (data ini menunjukkan) tidak meningkat. Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin,” jelas Saiful.

Survei SMRC ini digelar pada 5-8 September 2023. Survei melibatkan 1.212 responden yang dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan +-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Simak di : https://www.youtube.com/watch?v=Xf-ByQRfftw

Editor : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved