Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anwar Usman Bantah Ada Konflik Kepentingan dalam Putusan Syarat Capres-Cawapres


Anwar Usman Bantah Ada Konflik Kepentingan dalam Putusan Syarat Capres-Cawapres

TriasPolitica.net : Ketua MK Anwar Usman membantah dirinya terlibat konflik kepentingan dalam putusan MK yang membuka jalan bagi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilpres 2024.

Anwar Usman menegaskan bahwa selama 38 tahun kariernya sebagai hakim, ia selalu memegang teguh amanah dalam konstitusi, undang-undang dasar, amanah dalam Al Quran.

"Saya hakim konstitusi yang berasal dari MA. Demi keadilan berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa. Jadi putusan itu selain bertanggung jawab kepada bangsa, negara, masyarakat, tetapi yang paling utama adalah pertangungjawaban kepada Allah SWT," ungkap Anwar Usman dalam jumpa pers di MK, Senin, 23 Oktober 2023.

"Dalam setiap perkara apa pun itu yang saya lakukan sampai hari ini," ujar Anwar.

Anwar Usman kemduain mengutip kisah Nabi Muhammad yang menjamin akan memotong sendiri tangan anaknya, Fatimah, seandainya Fatimah mencuri. Pernyataan ini kerap kali ia sampaikan berulang dalam berbagai kesempatan untuk mengomentari anggapan publik jika dirinya tidak bisa bersikap netral dalam memutus perkara karena hubungan kekerabatan dengan Istana.

"Rekan-rekan dipersilakan membaca, mengkaji putusan MA nomor 004/PUU-I/2023, mulai dari situ kawan-kawan sekalian bisa mencermati apa itu makna konflik kepentingan atau conflict of interest berkaitan dengan kewenangan MK," pungkas Anwar.

Sekedar informasi, akibat putusan nomor 90/PUU-XXI/2023 itu, MK pun dijuluki sebagai "Mahkamah Keluarga", menyoroti hubungan kekerabatan Anwar selaku adik ipar Presiden Joko Widodo, sekaligus paman Gibran Rakabuming Raka. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved