Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Daftar Menteri Jokowi yang Blak-blakan Dukung Prabowo-Gibran


Daftar Menteri Jokowi yang Blak-blakan Dukung Prabowo-Gibran

TriasPolitica.net : Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengantongi dukungan dari sejumlah pihak, tak terkecuali para menteri Presiden Jokowi. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo bahkan terang-terangan mendukung duet Prabowo dan Gibran.

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto jelas mendukung Prabowo-Gibran. Sebab, Golkar, partai yang dipimpin Airlangga, tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Partai beringin itu menyatakan dukungan buat Prabowo sejak pertengahan Agustus lalu. Golkar pulalah yang pertama kali mendeklarasikan dukungan buat Gibran menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo.

Dukungan buat Gibran diumumkan langsung oleh Airlangga dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023). "Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal capres RI," kata Airlangga.

2. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan juga dipastikan mendukung Prabowo-Gibran. Zulhas, demikian sapaan akrab Zulkifli, merupakan Ketua Umum PAN, salah satu partai anggota KIM. Berbarengan dengan Golkar, PAN merapatkan barisan ke Koalisi Indonesia Maju sejak pertengahan Agustus lalu. Mulanya, PAN mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir jadi cawapres Prabowo. Namun, begitu Golkar mendeklarasikan Gibran sebagai cawapres, PAN turut menyatakan dukungan buat putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

“Agar Indonesia maju terus, silaturahim tidak boleh terputus. Bismillah, Mas Wali (Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka),” sebut Zulhas dalam keterangannya.

3. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi

Budi Arie Setiadi juga menyatakan dukungan terhadap Prabowo Gibran. Selain sebagai Menkominfo, Budi Arie juga merupakan Ketua Umum Projo, organisasi relawan Jokowi. Pada pertengahan Oktober kemarin, Projo di bawah komando Budi Arie mengumumkan dukungan buat Prabowo-Gibran.

“Kami dari Projo sepakat mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024,” kata Budi Arie dalam acara deklarasi dukungan di kediaman Prabowo di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

4. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia tak ketinggalan mendukung Prabowo-Gibran. Bahlil tampak hadir dalam orasi Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, Rabu (25/10/2023), sesaat sebelum bakal capres-cawapres itu mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Setelahnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tersebut turut dalam rombongan yang mengantarkan Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU. Bahlil bahkan sempat dikabarkan menjadi wakil ketua tim pemenangan Prabowo-Gibran. Namun, pihak Bahlil membantah hal tersebut.

5. Menteri BUMN Erick Thohir

Dukungan buat Prabowo-Gibran juga datang dari Menteri BUMN Erick Thohir. Sebelumnya, Erick santer dikabarkan jadi kandidat cawapres terkuat Prabowo. Namun, kendati Prabowo akhirnya memilih Gibran, Erick tetap menyatakan dukungannya. Dukungan ini Erick sampaikan usai bertemu Prabowo di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

”Saya akan support (mendukung) Pak Prabowo. Karena ini suatu kehormatan buat saya dan keluarga, dan saya ingin menjadi bagian untuk Indonesia, yang tentu lebih besar lagi, lebih maju, dan lebih baik,” ujar Erick.

6. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang

Agus Gumiwang juga mendukung Prabowo-Gibran. Diketahui, Agus merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, bagian dari KIM. Baru-baru ini, Agus bersama Founder Cyrus Network Hasan Nasbi mendirikan posko pemenangan yang ia namai Posko Pemilih Prabowo-Gibran (Kopi Pagi). Agus mengatakan, posko ini dibentuk untuk memastikan kemenangan Prabowo-Gibran.

"Pasangan ini akan mampu melanjutkan dan menyempurnakan apa yang sudah dicapai di bawah kepemimpinan Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin. Kita percaya duet beliau berdua itu akan bisa membawa Indonesia menjadi negara maju dan juga menyongsong Indonesia emas 2045," kata Agus di Jakarta, Senin (30/10/2023).

7. Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani

Rosan Roeslani juga terang-terangan mendukung Prabowo-Gibran. Bahkan, Rosan ditunjuk menjadi ketua tim kampanye bakal capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju itu. Demi memimpin tim pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan pun mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN ke Presiden Jokowi.

"Sebelumnya, Pak Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN terhitung tanggal 24 Oktober 2023," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

8. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo

Prabowo-Gibran juga mengantongi dukungan dari Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo. Sebelum dilantik jadi Wamendes PDTT pada pertengahan Juli 2023, Paiman dikenal sebagai Ketua Umum Relawan Sedulur Jokowi.

Baru-baru ini, di media sosial, viral sebuah video yang menarasikan Paiman memimpin rapat pemenangan Gibran sebagai cawapres Pemilu 2024. Dalam video tersebut, sang penyebar video mempermasalahkan, apakah boleh Paiman sebagai seorang wakil menteri berkampanye.

Terkait ini, Paiman memberi klarifikasi. Dia menyebut, rapat itu dilakukan di rumahnya ketika mengumpulkan anggota Relawan Sedulur Jokowi pada Minggu (29/10/2023), di luar jam kerja sebagai wakil menteri. "Jadi enggak ada kaitan dengan wamen dong. Kalau orang mau bicara tentang wamen, misalkan saya dalam keadaan di kantor wamen. Terus konsumsinya dari kantor wamen. Nah itu fasilitas negara. Wong ini di rumah, hari Minggu,” kata Paiman saat dihubungi, Selasa (31/10/2023).

9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor

Afriansyah Noor merupakan salah pendukung Prabowo-Gibran. Ia juga tampak menemani Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU.

10. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni

Raja Juli Antoni merupakan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Selain itu, Raja Juli Antoni juga merupakan Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Raja Juli juga ikut mendampingi Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU. Sebagaimana diketahui, PSI juga resmi mendukung Prabowo-Gibran setelah deklarasi dukungan yang disampaikan langsung oleh Ketum PSI Kaesang Pangarep.

11. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga mendukung duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Dukungan terhadap Prabowo-Gibran disampaikan Luhut melalui akun Instagramnya langsung dari Singapura. Diketahui, Luhut sedang menjalani perawatan di Singapura karena sakit yang dideritanya.

Dari ruang perawatannya di Singapura, Luhut awalnya mengakui bahwa perhatian tertuju pada keputusan Prabowo bergabung dengan Gibran. Dia menilai, ada banyak pihak yang menyambut dengan rasa optimisme duet tersebut, meski ada pula yang melihatnya dari kacamata keraguan.

"Ketika melihat keduanya dideklarasikan sebagai pasangan capres dan cawapres, gambaran yang muncul di benak saya adalah simbiosis antara kebijaksanaan dan energi baru yang terpadu dengan sempurna," kata Luhut lewat unggahan di akun Instagram resminya, dikutip Kamis (26/10/2023). ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved