Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo 'Dikeroyok' Anies dan Ganjar dalam Debat Perdana Capres 2024


Prabowo 'Dikeroyok' Anies dan Ganjar dalam Debat Perdana Capres 2024

TriasPolitica.net : Pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul menilai, debat capres perdana yang diselenggarakan KPU pada Selasa (12/12/2023) malam WIB, berlangsung seru. Najmuddin melihat, tersaji debat sengit antara capres nomor urut dua Prabowo Subianto versus capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan.

Dia juga melihat keseruan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo versus Prabowo. "Terjadi perdebatan seru karena akhirnya KPU memberikan porsi tanya jawab. Dan ini yang dinanti-nantikan oleh publik," kata Najmuddin seperti dilansir dari Republika.co.id, Rabu (13/12/2023).

Najmuddin menyebut, debat seru antara Anies dan Prabowo dimulai dari pembahasan mengenai isu hak asasi manusia (HAM) di Papua. Lalu mereka juga menyuguhkan tensi panas saat membahas mengenai kualitas demokrasi yang memyerempet kepada putusan MK yang salah secara etik untuk meloloskan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping Prabowo.

Prabowo pun menjawabnya dengan menyebutkan demokrasi selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baik-baik saja. Prabowo mengungkit Anies berhasil menjadi gubernur DKI Jakarta pada 2017, bukan sebagai kader partai dan diusung oleh dua partai oposisi.

Najmuddin melihat Ganjar juga begitu semangat menyerang Prabowo ketika membahas seputar kelangkaan pupuk di berbagai daerah di Indonesia. Di mana, ia kemudian menyindir Prabowo harusnya mampu memberikan solusi berkat pengalaman menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Ganjar juga mengungkit putusan Mahkamah Kehormatan MK (MKMK) yang menjatuhkan sanksi kepada Anwar Usman pasca memberikan karpet merah maju kontestasi Pilpres kepada keponakannya, Gibran.

"Anies mampu menjawab dan menimpati serangan dengan bahasa yang lugas. Ganjar pun tak kalah sengit," ujar Najmuddin.

Ia melihat Prabowo kerap terpancing emosi ketika berduel kata-kata melawan Anies maupun Ganjar. Harusnya, menurut Najmuddin, Prabowo harus bersikap lebih bijak dan menahan diri agar terlihat lebih dewasa ketimbang kedua kompetitornya.

"Pak Prabowo justru terlihat meledak-ledak. Dan itu bisa berkebalikan dengan citra gemoy yang disematkan timnya," ucap Najmuddin.

Dia juga melihat antara Anies dan Ganjar, tensi debat berlangsung biasa-biasa saja karena keduanya sama-sama mampu menjaga ketenangan. Sehingga saling adu gagasan dan ide antara Anies versus Ganjar tidak sepanas ketika menghadapi Prabowo.

Debat perdana Pilpres 2024 digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa malam WIB. Tema debatnya adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Prabowo akan adu gagasan dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pertarungan gagasan mereka akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi nasional. Debat selanjutnya akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023. Sementara itu, debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada tanggal 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dijadwalkan pada 4 Februari 2024.

https://www.youtube.com/watch?v=kTPYIP0TqxQ&ab_channel=MerdekaDotCom

Sumber : Republika.co.id | Weblink : https://news.republika.co.id/berita/s5l5xy484/pengamat-sebut-prabowo-dikeroyok-anies-dan-ganjar-dalam-debat-perdana-capres

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved