Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Jokowi Bertemu Menlu Cina: Bahas Penyelesaian Proyek Kereta Cepat dan IKN


Triaspolitica.net :
Presiden Jokowi bertemu Qin Gang, Menteri Luar Negeri Cina yang baru dilantik Desember 2022 lalu. Kepada Qin Gang, Jokowi menyampaikan beberapa kerja sama yang perlu ditingkatkan antara Indonesia dan Cina.


Mulai dari penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, pembangunan Kawasan Industri Hijau dan proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan, sampai industri hilirisasi yang sedang dijalankan Indonesia.


Merespons keinginan Jokowi, Qin Gang menyampaikan komitmen Cina untuk terus meningkatkan hubungan atau kerja sama ekonomi dengan Indonesia.


“Termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.


Lebih lanjut, dalam pertemuan ini Jokowi juga mengenai pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Cina. “Di dalam hal ini perlu saya sampaikan bahwa sejauh ini RRT (Cina) merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan status perdagangan kita makin lama makin seimbang,” ungkap Retno.


Terakhir, Jokowi menyampaikan pentingnya Indonesia dan Cina menjadi motor perdamaian dan stabilitas di kawasan. Menurut Jokowi, pembangunan ekonomi tidak akan dapat dilakukan tanpa adanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. “Dan dalam pertemuan tadi, Menlu RRT menyampaikan dukungan kuat bagi keketuaan Indonesia di ASEAN,” kata Retno.


Redaktur : M. Isa Karim | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved