Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Breaking News: Pemerintah RI Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Jatuh pada Hari Kamis 23 Maret 2023


Triaspolitica.net
: Pemerintah RI melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Ketetapan itu disampaikan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat bersama Ormas Islam di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu malam, 22 Maret 2023.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya saat menggelar jumpa pers, Rabu, (22/3/2023).

Kemenag menjelaskan, sidang Isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di 124 lokasi titik, Menag Yaqut menjelaskan bahwa ada yang melihat dan ada yang tidak ada yang melihat hilal. Hilal terlihat di Jakarta, Jawa Timur (Gresik, Lamongan), Makassar dengan ketinggian sudah di atas 6 derajat. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 Sya'an sesuai kalender Hijriah.

Sidang isbat melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, duta besar negara sahabat, hingga perwakilan ormas-ormas Islam. Selain itu, dilibatkan juga perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang sekarang tergabung dalam BRIN, BMKG, serta undangan lainnya. Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI turut diundang.

Sidang isbat ini dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama berisi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan itu dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Tahap kedua adalah pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah. Sidang digelar secara tertutup setelah salat Magrib. Selain data hisab, sidang isbat akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 124 lokasi di seluruh Indonesia.

Sedangkan tahap ketiga adalah penyampaian hasil sidang isbat yang disiarkan secara langsung.

Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved