Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Dianggap Remehkan Putusan PN Jakpus, Ini Tanggapan Ketua KPU


Triaspolitica.net :
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membantah anggapan bahwa pihaknya menganggap remeh sidang perkara perdata di PN Jakarta Pusat. Hasyim menyebut pihaknya serius menghadapi gugatan tersebut. Hal itu disampaikan Hasyim untuk menanggapi pernyataan Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

"KPU berharap saudara-saudara mahasiswa itu membaca berbagai putusan tersebut dengan cermat. Dari situ akan diketahui apa pokok jawaban dan argumentasi KPU," kata Haysim dalam keterangannya, Selasa, 7 Maret 2023.

Hasyim mengatakan, gugatan perdata yang dilayangkan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) di PN Jakpus itu bukan gugatan pertama yang diajukan partai baru itu. Sebelumnya, Prima menggugat KPU di Bawalsu dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Hasyim menyebut Prima melayangkan gugatan secara "bertubi-tubi" terhadap KPU. Meski demikian, pihaknya menghadapi semua gugatan tersebut.

"KPU serius menghadapi semua gugatan," ujar Hasyim menegaskan.

Kendati mengaku serius menghadapi persidangan di PN Jakpus, Hasyim mengakui pula bahwa pihaknya sengaja tidak menghadirkan saksi. Hasyim punya dua alasan.

Pertama, PN Jakpus tidak berwenang mengadili gugatan yang dilayangkan Prima itu. Sebab, gugatan dan sengketa partai politik jalurnya ada di Bawaslu dan PTUN.

Kedua, KPU merupakan penyelenggara atau pelaku dalam proses pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024. Karena itu, KPU adalah pihak yang paling mengetahui persoalan tersebut.

"Berdasarkan dua hal tersebut, KPU tidak menghadirkan saksi dan KPU cukup menghadapi sendiri persidangan tersebut," kata Hasyim.

Dalam salinan putusan perkara tersebut, diketahui ternyata KPU RI tidak mengirimkan satu orang pun saksi maupun saksi ahli untuk menguatkan argumentasinya guna membantah dalil-dalil Prima. KPU RI juga tidak menunjuk kuasa hukum, melainkan hanya memberikan kuasa kepada 43 orang, terdiri atas komisioner dan pegawai KPU, untuk berbicara dalam persidangan.

Sedangkan pihak Prima menghadirkan dua orang saksi dan menggunakan jasa pengacara. Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyebut Prima dapat membuktikan seluruh dalil gugatannya.

"Sedangkan tergugat (KPU) tidak dapat mempertahankan dalil-dalil bantahannya," demikian bunyi salah satu pertimbangan majelis hakim.

Alhasil, majelis hakim dalam amar putusannya memutuskan mengabulkan seluruh gugatan Prima. Majelis menyatakan Prima adalah partai politik yang dirugikan oleh KPU dalam proses verifikasi. Majelis menyatakan KPU melakukan perbuatan melawan hukum (PMH).

Sementara itu, Pengurus Pusat KAMMI menilai, KPU RI telah menganggap remeh persidangan tersebut dengan cara tidak menyewa kuasa hukum dari luar dan tidak mempersiapkan alat bukti secara serius. KPU disebut terlalu percaya diri bahwa gugatan Prima bakal ditolak, karena pengadilan negeri tidak punya kewenangan mengadili perkara sengketa pemilu.

KAMMI mengatakan, karena KPU menganggap remeh persidangan, akhirnya PN Jakpus memenangkan gugatan Prima. Alhasil, keluarlah putusan penundaan pemilu. Putusan itu lantas membuat publik bertanya-tanya apakah pemilu dilanjutkan atau ditunda.

Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved