Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Menjadi Pengurus PP Muhammadiyah, Inilah Profil Lengkap Ustadz Dr. (H.C.) Adi Hidayat, Lc. MA


Triaspolitica.net :
Ustadz Dr. (H.C.) Adi Hidayat, Lc, MA. adalah salah satu pendakwah Islam Indonesia dan penulis Buku keislaman. Beliau lulusan Tsanawiyah dan Aliyah di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Pendidikan ilmu agamanya beliau selesaikan di Pendidikan Pasca Sarjana di Islamic Call College Tripoli, Libya (Gelar Lc) dan juga Magister Agama (Gelar MA) di Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung.

Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma menerima gelar Doktor Kehormatan (honoris causa) dalam kontribusi di bidang pengetahuan, budaya, dan dakwah dari Universitas Astrolabe Istanbul (IAU) Istanbul, Turki, pada Kamis (28/11/2019). Gelar Doktor kehormatan ini langsung diserahkan oleh Presiden Erdogan dalam pembukaan acara Internasional Halal Expo 28 November 2019.

Dalam setiap ceramahnya, Beliau dikenal memiliki Kajian yang lengkap, mendalam dan komprehensif mengenai segala bidang ilmu agama Islam. Salah satu yang membuat orang terpukau adalah Pada saat menerangkan suatu sumber hukum, beliau hapal tata letak Al-Qur'an (Nomor surat, ayat, dan letak ayat dalam mushaf Al Qur'an), judul buku/hadits, harga buku, halaman, serta letak paragraf tentang kutipan yang ia sebutkan.

Baca juga :

Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA dilahirkan pada tanggal 11 September 1984 di Pendeglang, Banten. Ayahnya bernama Warso Supena dan ibunya bernama Hj.Rafiah Akhyar. Ustadz Adi Hidayat memiliki 4 orang saudara, yaitu Ade Rahmat, Neng Inayatin, Ima Rakhmawati, dan Ita Haryati.

Ustadz Adi Hidayat menikah dengan Mbak Shufairok atau dikenal dengan panggilan Mbak Iir, Asli Lasem Rembang dan memiliki 3 orang anak. Anak yang pertama bernama Muhammad Hamilul Qurani, kemudian yang kedua bernama Amelia Habibatul Mustofa, dan yang ketiganya bernama Muhammad Abdullah Amali.

Berikut pendidikan yang pernah ditempuh oleh Ustadz Adi Hidayat:

  • TK Pertiwi Pandeglang tahun 1989.
  • SDN Kraton 3 Pandeglang sampai kelas 3 SD
  • Kelas 4 SD pindah ke SDN II Pandeglang sampai tamat SD 
  • Ustadz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan di SMP 1 Pandeglang, Banten. 
  • Ustadz pindah ke sekolah agama, Madrasah Salafiyyah Sanusiyyah Pandeglang 
  • Tamat dari Madrasah, Ustadz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut di tahun 1997. 
  • Tamat dari pesantren, Ustadz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan melalui jalur PMDK di Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2003. 

Setelah lulus dari UIN Syarif Hidayatullah, pada tahun 2005, Ustadz Adi Hidayat mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Kulliya Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya.

Ustadz Adi Hidayat kemudian melanjutkan pendidikan dan belajar lebih insentif tentang agama Islam mulai dari Al-Quran, Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh, Lughah, dan Tafsir dan menyelesaikan pendidikan jenjang pascasarjana di Islamic Call College Tripoli, Libya.

Tidak hanya menempuh pendidikan formal, Ustadz Adi Hidayat juga belajar secara langsung dengan para ulama besar di Libya sesuai dengan keilmuannya masing-masing.

Kembali Ke Indonesia

Setelah hampir 6 tahun di Libya, Ia kemudian kembali ke Indonesia dan berhasil membawa membawa gelar L.c (License), gelar sarjana di kawasan Timur Tengah.

Di Indonesia, Ia kemudian menjadi pengasuh Ponpes al-Qur’an al-Hikmah di wilayah Lebak bulus, Banten. Setelah itu di tahun 2013, Ustadz Adi Hidayat mendirikan Quantum Akhyar Institute sebuah lembaga bimbingan dan kajian islam di Bekasi, Jawa Barat. Ia juga melanjutkan pendidikan masternya di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan berhasil memperoleh gelar MA.

Hingga saat ini Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA banyak mengisi ceramah ceramah agama di berbagai tempat. Jamaah yang mengikuti kajiannya sangat banyak dikarenakan ceramahnya mengenai keislaman sangat mudah dipahami oleh banyak orang. Selain itu video ceramahnya juga banyak ditonton oleh jutaan netizen di Youtube maupun di sosial media seperti Facebook. 

Karya Tulis Ustadz Adi Hidayat

Dengan memiliki Ilmi pengetahuan dan pengalaman yang cupu luas Ustadz Adi Hidayat juga aktif menulis buku ilmiah berbahasa arab dan Indonesia, Beberapa bukunya yang telah terbit diantara berjudul:

  • Minhatul Jail Bita’rifi Arudil Khalil ( Pengantar Kaidah Puisi Arab, 2010 )
  • Quantum Arabic Metode Akhyar ( Cara cepat belajar bahasa arab, 2011 )
  • Marifatul Insan: Pedoman Alqur’an menuju insan paripurna (2012)
  • Mengenal Kedalaman Bahasa Al-qur’an (2012)
  • Al-Arabiyyah Lit Thullabil Jami’iyyah (Modul Bahasa Arab UMJ, 2012)
  • Menyoal hadits hadits populer (2013)
  • Ilmu Hadits Praktis (2013)
  • Tuntunan Praktis Idul Adha (2014)
  • Pengantin as-Sunnah (2014)
  • Buku Catatan Penuntut Ilmu (2015).
Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved