Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mendagri Tito Sebut Sistem Demokrasi Memicu Terjadinya Konflik dan Polarisasi


Triaspolitica.net :
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengakui sistem demokrasi yang dianut sejumlah negara turut menjadi penyebab timbulnya konflik dan polarisasi di tengah masyarakat, tak terkecuali, di Indonesia.

“Ini harga yang memang harus dibayar dari sistem demokrasi karena kita menganutnya dengan sistem pemilihan langsung,” kata Tito saat berpidato dalam acara BNPT bertajuk Dialog Kebangsaan bersama Parpol dalam persiapan Pemilu 2024 di Hotel St. Regis Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Tito menjelaskan maksud dari polarisasi itu adalah terkotak-kotaknya masyarakat berdasarkan pilihan politik mereka sehingga sering terjadi ketersinggungan antarpihak. Sebab atas nama demokrasi, memberikan kebebasan untuk menggunakan hak pilih sesuai keinginannya.

“Atas nama demokrasi membedakan mereka dalam memberikan hak pilih untuk sesuai pilihan masing-masing, atas nama demokrasi hal ini dibenarkan,” jelas Tito.

Namun demkikian untuk mengatasi hal tersebut, menurut Tito hal yang seharusnya dibenahi bukanlah mengubah sistemnya, melainkan mengantisipasi potensinya agar tidak mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Konflik adalah hal biasa karena berbeda tujuan namun tidak boleh saling menghancurkan, harus dikelola agar konflik tidak mengoyak kebangsaan apalagi di tengah bangsa yang sangat plural,” jelas Tito.

Tito mencontohkan, salah satu cara untuk mengantisipasi konflik tersebut adalah dengan terus menggaungkan sikap Pancasila yang toleran dengan penuh semangat persatuan dan kesatuan.

“Kita berharap tidak terjadi pemecahan karena negara kita sangat plural dan toleran, langkah kita adalah memperkuat dan terus mengkampanyekan narasi moderat agar persatuan bangsa tidak goyah seperti Pancasila sebagai final dan unity in diversity,” pungkas Tito.

Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Political News Agency (IPNA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved