Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Litbang Kompas: Partai Demokrat Raih Tingkat Kesukaan Publik Tertinggi Sebesar 56,5 Persen


TriasPolitica.net :
Partai Demokrat meraih tingkat kesukaan publik tertinggi berdasar Survei Litbang Kompas terbaru pada Mei 2023 dengan perolehan 56,5 persen suara. Kesukaan publik terhadap Partai Demokrat pada survei ini meningkat dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya pada bulan Januari 2023 yang memperoleh angka 55,9 persen.

Pencapaian Partai Demokrat ini dinilai tidak terlepas dari sikap partai sebagai oposisi dan juga faktor figur Ketua Umum Partai Demokrat, yakni Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Tingkat kesukaan terhadap partai politik lebih ditempatkan maknanya pada sejauh mana partai tersebut diterima oleh pemilih. Diterima dalam artian, pemilih cenderung melihat ada ketertarikan pada partai ini," ungkap Peneliti Senior Litbang Kompas, Yohan Wahyu dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

 

Ketertarikan ini menjadi pintu awal bagi pemilih untuk memberikan pilihannya pada partai tersebut. Menurut Yohan, kuncinya adalah pada sejauh mana partai mampu mengapitalisasi ketertarikan tersebut menjadi keterpilihan bagi partai.

”Kapitalisasi ketertarikan bisa dimulai dengan program-program dan langkah-langkah partai yang memiliki daya tarik kuat bagi pemilih, apalagi jika tepat dengan kebutuhan pemilih,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief menuturkan, ada tiga hipotesis penyebab Demokrat memiliki tingkat kesukaan yang tinggi. Pertama, kata Andi, ada dinamika di internal partai yang mampu diselesaikan dengan baik oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Kedua, sikap partai yang tegas sebagai opisisi.

”Ketiga, faktor AHY sendiri yang memang menarik minat orang untuk melirik Partai Demokrat,” kata Andi.

Terkait dengan strategi mengonversi kesukaan menjadi elektabilitas, Andi menggunakan perumpamaan kolam di mana ada ikan yang banyak. Namun, yang terambil dalam konteks elektabilits masih 8 persen dari potensi 50-an persen responden yang menyukai. ***

Lihat di : https://twitter.com/PDemokrat/status/1660965756341997569

Indonesian Islamic News Agency (IINA.id)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved