Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

BNPT: Ajaran Ponpes Al Zaytun Tidak Bisa Diproses Pakai UU Terorisme


TriasPolitica.net :
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ikut menanggapi dugaan penistaan agama di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat pimpinan Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang.

Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen R. Achmad Nurwakhid mengatakan kasus itu tidak dapat diproses dengan Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Terorisme, karena belum tergolong sebagai kategori terorisme.

"Ajaran Al-Zaytun belum masuk ke dalam kategori terorisme sehingga tidak dapat diproses dengan Undang-Undang (UU) Tindak Pidana Terorisme," kata Achmad Nurwakhid dalam diskusi mengenai polemik Ma'had Al Zaytun di Jakarta, Senin malam, 27 Juni 2023.

Menurut Achmad Nurwakhid, kasus ini bisa ditangani kepolisian dengan menerapkan UU No. 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan dan UU No. 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana dalam membuat kegaduhan.

"Kasus ini belum masuk ranahnya Densus 88 dan BNPT, namun bukan berarti kami lepas tangan," ujarnya.

Menurutnya, ajaran yang terdapat Al-Zaytun, prosesnya mirip dengan ajaran aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah atau Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) pimpinan Ahmad Mushaddeq, yang sempat populer pada 2016 silam. Hanya saja, Panji Gumilang tidak sampai membaiat dirinya sebagai seorang nabi.

"Panji lebih pandai bersiasat, dengan berpura-pura mencintai NKRI," ucapnya. ***

Redaktur : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved