Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KH Cholil Nafis: Pembangunan Patung Soekarno Mengarah ke Pengkultusan

KH Cholil Nafis: Pembangunan Patung Soekarno Mengarah ke Pengkultusan

TriasPolitica.net : Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis buka suara soal rencana pembangunan patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Menurut Kiai Cholil, pembangunan patung Soekarno itu mengarah pada pengkultusan satu pahlawan dan melupakan yang lainnya.

Kiai Cholil menjelaskan, pembangunan patung yang akan menjadi sarana ibadah memang dilarang dalam Islam karena akan menyembah kepada selain Allah SWT. Tapi ketika patung sebagai karya seni pahat atau mengenang sejarah, menurutnya sah-sah saja.

"Saya melihatnya boleh saja membangun patung sebagai karya seni dan mengenang sejarah," ungkap Kiai Cholil di akun Twitternya, Jumat (25/8/2023).

Kiai Cholil melanjutkan jika patung Soekarno tersebut dibangun dengan jumlah yang banyak dan menghabiskan banyak anggaran, maka tidak berpihak pada kepentingan umum dan mengarah pada pengkultusan.

"Tapi besar-besaran dan jumlahnya banyak bahkan biayanya besar sehingga menghabiskan banyak uang negara tentu itu pemborosan dan tidak berpihak pada kepentingan umum, bahkan mengarah pada pengkultusan satu pahlawan dan merendahkan pahlawan lainnya. Ini tidak adil menghormati kepada para pahlawan, dan ini sifat boros yang dilarang dalam Islam," ujar Kiai Cholil.

Seperti ramai diberitakan, rencana pembangunan Patung Soekarno akan dibangun di kawasan Walini, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Kabarnya, pembangunan patung ini akan mencapai biaya Rp 10 triliun hingga Rp 20 triliun. ***

Lihat di : https://twitter.com/cholilnafis/status/1695072030440272383

Redaktur : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved