Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mabes Polri Sebut Ada Buronan KPK yang Sudah Ganti Kewarganegaraan


TriasPolitica.net :
Mabes Polri menyebut saat ini ada buronan KPK yang sudah mengganti kewarganegaraannya. Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan temuan tersebut didapati usai bertukar informasi dengan pihak interpol dari negara lain terkait keberadaan buronan tersebut.

Namun demikian, Irjen Krishna Murti tidak menjelaskan lebih jauh ihwal siapa sosok buronan yang disebut telah mengubah kewarganegaraan tersebut. Irjen Krishna Murti mengatakan temuan tersebut sudah disampaikan kepada KPK.

"Ada yang sudah mengubah kewarganegaraan, kami tahu siapa dan nanti kami sampaikan, dan KPK juga sudah aware," ujar Irjen Krishna Murti dalam keterangannya, Senin, (7/8/2023).

Krishna menjelaskan saat ini tengah berkoordinasi dengan aparat hukum di negara terkait guna memulangkan buronan tersebut ke Indonesia. "Kami akan mengupayakan langkah-langkah lainnya untuk mendukung KPK memulangkan yang bersangkutan," jelasnya.

Ia menambahkan, kunjungan yang dilakukan ke KPK juga sengaja dilakukan untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama antar lembaga. Khususnya, terkait isu-isu kejahatan transnasional seperti korupsi dan upaya pencarian para buronan.

"Kedatangan kami adalah dalam rangka menguatkan kerjasama yang sudah ada. Perlu dioptimalkan, perlu disinkronisasi, karena kalau tidak dikuatkan, tidak disinkronisasi nanti tidak optimal," ujarnya.

Diketahui, KPK mempunyai pekerjaan rumah untuk memproses hukum tiga tersangka yang kini berstatus buron yaitu Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra Paulus Tannos, pemilik PT Perusa Sejati Kirana Kotama, dan mantan caleg PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku.

Paulus Tannos merupakan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan KTP-elektronik (e-KTP), sedangkan Kirana merupakan perantara suap yang melibatkan Direksi PT PAL Indonesia. Sementara Harun terlibat kasus dugaan suap terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. ***

Kontributor : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved