Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pimpinan MPR Temui Jokowi di Istana Bahas Peluang Amandemen UUD 1945

Pimpinan MPR Temui Jokowi di Istana Bahas Peluang Amandemen UUD 1945

TriasPolitica.net : Para pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu siang, 9 Agustus 2023. Para pimpinan MPR terlihat tiba di kompleks Istana Kepresidenan pada pukul 13.37 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pertemuan ini dilakukan untuk membahas sidang tahunan MPR RI yang akan digelar pada 16 Agustus 2023 hingga peluang Amandemen UUD 1945.

"Ya, rutin saja. Tapi beberapa hal yang perlu diantisipasi yang dikatakan tentang tahun politik, kemudian pentingnya perubahan konstitusi juga dimungkinkan pada periode ini," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu, (9/8/2023).

Bamsoet mengatakan UUD 1945 penting untuk diamandemen karena zaman sudah berubah. Bamsoet pun menargetkan amendemen itu bisa dilakukan pada tahun depan.

"Karena UUD kita harus terus-menerus menyesuaikan perubahan kemajuan zaman," tambahnya.

Bamsoet menjelaskan salah satu poin krusial amandemen UUD 1945 yaitu terkait Pasal 33 ayat (3) yang berbunyi, 'Bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat'.

Menurutnya, pasal itu harus disempurnakan dengan memasukkan diksi 'udara'.

"Kita mencatat di pasal 33 itu sumber daya alam dikuasai negara. Tapi angkasa, udara belum masuk dalam konstitusi kita," ungkapnya.

Meski demikian, Bamsoet menegaskan usulan Amandemen UUD 1945 tersebut baru akan dilakukan usai Pemilu 2024 agar isu penundaan pemilu tak lagi muncul.

"Untuk sementara kesepakatan adalah kita bahas nanti setelah pemilu. Karena kalau sekarang takutnya bukan apa dicurigai untuk perpanjang masa jabatan presiden, untuk apa lagi? Penundaan pemilu dan seterusnya. Jadi malah menurut kami kontraproduktif sehingga kita berkesimpulan kita bahas nanti pasca pemilu," ungkap Bamsoet 

Di samping  itu, Bamsoet juga mengatakan pertemuan dengan Jokowi juga membahas soal Pemilu 2024. Menurutnya, penyelenggaraan pemilu harus berjalan damai. "Tahun pemilu yang harus ditekankan adem damai," ucapnya. ***

Lihat di : https://www.youtube.com/watch?v=tTEvhUU176E

Kontributor : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved