Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sepak Terjang KSP Moeldoko yang Disebut 'Bak Preman' oleh Rocky Gerung


TriasPolitica.net :
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko disebut 'bak preman' oleh Rocky Gerung saat menanggapi pernyataan Moeldoko yang menyatakan akan pasang badan untuk Presiden Jokowi. Menurut Rocky, pernyataan Moeldoko itu tak mencerminkan sosok seorang pejabat publik.

“Dia (Moeldoko) marah juga, bilang, ‘Saya akan pasang badan’. Tentu jadi bertanya, Pak Moeldoko ini statusnya relawan? Karena bahasanya sama. Itu bukan bahasa dasar dari pejabat publik, kayak preman itu mau pasang badan,” kritik Rocky dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Jumat, 4 Agustus 2023.

Rocky menambahkan, seharusnya Moeldoko menanggapi kritikannya itu dengan kepala dingin. Rocky mengaku kaget dengan sikap KSP Moeldoko yang pasang badan itu. Pasalnya, Rocky mengaku bukan mengarahkan pernyataannya itu kepada Jokowi, melainkan kepada jabatan sebagai Presiden.

Sepak Terjang Moeldoko: dari TNI, Terjun ke Dunia Politik, Jadi KSP hingga Kudeta Partai Demokrat

Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A. lahir 8 Juli 1957 di Kediri. Saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak 17 Januari 2018 pada Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pada 23 Oktober 2019, ia ditunjuk kembali menjadi Kepala Staf Kepresidenan pada Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Berbagai jabatan strategis di TNI sudah pernah diemban Moeldoko. Moeldoko merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) tahun 1981 dan menerima penghargaan Adhi Makayasa. Setelah lulus, sosoknya langsung dipercaya memegang jabatan Komandan Peleton Yonif Linud 700/BS Kodam XIV/Hasanuddin.

Lalu, dilanjut menjadi Danki A Yonif Linud 700/BS Kodam XIV/Hasanuddin, dan Kasi Operasi Yonif Linud 700/BS Kodam VII/Wirabuana Mayor. Tak ketinggalan, posisi Perwira Operasi Kodim 1408/BS Ujungpandang pun pernah diemban oleh Moeldoko.

Ia juga menjadi Wakil Komandan Yonif 202/Tajimalela, Kasi Teritorial Brigif-1 PAM IK/JS, Komandan Yonif 201/Jaya Yudha, dan Komandan Kodim 0501/Jakarta Pusat. Moeldoko pun kerap menjabat Sespri Wakasad dan Pabandya-3 Ops PB-IV/Sopsad.

Selanjutnya, jabatan lain yang ia emban adalah Komandan Brigif-1/Jaya Sakti, Asops Kasdam VI/Tanjungpura, Dirbindiklat Pussenif, Komandan Rindam VI/Tanjungpura, Komandan Korem 141/Toddopuli Watampone, hingga Pa Ahli Kasad Bidang Ekonomi.

Kariernya dilanjut menjadi Direktur Doktrin Kodiklat TNI AD, Kasdam Jaya, serta Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad. Ia juga dipercaya menjabat Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Panglima Kodam III/Siliwangi dan Wakil Gubernur Lemhannas.

Tak berakhir sampai disitu, karier Moeldoko kian melesat pada tahun 2013. Sebab, ia terpilih menjadi Wakasad sekaligus diangkat sebagai KSAD. Lalu, ia bahkan dipercaya menjabat Panglima TNI di masa Presiden SBY menggantikan posisi Laksamana Agus Suhartono.

Selang dua tahun atau pada 2015, Moeldoko mulai terjun ke dunia politik. Saat itu, ia menjadi kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Ia bahkan dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina dalam partai tersebut periode 2016-2018.

Moeldoko juga pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) periode 2017-2020. Adapun puncak karier politiknya saat ia ditunjuk oleh Jokowi untuk menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) pada tahun 2018. Moeldoko kembali dipercaya menjabat sebagai KSP dalam Kabinet Indonesia Maju pada tahun 2019.

Pada 2021, ia pun ditunjuk menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang. Hal tersebut memicu masalah dengan Partai Demokrat karena dianggap berupaya mengkudeta Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari posisi Ketua Umum. Kisruh itu masih berlanjut hingga saat ini dengan pengajuan PK ke Mahkamah Agung oleh kubu Moeldoko. ***

Kontributor : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved