Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anwar Ibrahim: Dunia Tidak Boleh Tinggal Diam Soal Myanmar, Korea Utara, Ukraina dan Palestina

Anwar Ibrahim: Dunia Tidak Boleh Tinggal Diam Soal Myanmar, Korea Utara, Ukraina dan Palestina

TriasPolitica.net : Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyerukan agar komunitas internasional tidak boleh tinggal diam atas situasi terkini yang terjadi di Myanmar, Korea Utara, Palestina dan konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina.

Hal itu diungkapkan Anwar saat berbicara di forum KTT Asia Timur ke-11 yang digelar secara bersamaan dengan KTT ASEAN ke-43 dan beberapa KTT lainnya di Jakarta, Kamis, 7 September 2023.

"Dan saya pikir kita dalam forum ini tidak bisa memilih untuk mengabaikan kekhawatiran negara-negara tetangga di kawasan ini. Kami menangani lebih dari 200.00 pengungsi dari Myanmar," kata Anwar seperti dilansir dari The Star, Kamis, (7/9/2023).

"Kita juga menolak konflik yang terjadi di Ukraina dan menyerukan dialog yang bermakna untuk mencapai resolusi damai. Namun saya ingin menekankan di sini, kekhawatiran yang dirasakan banyak dari kita, yang tidak diungkapkan secara terbuka, soal perlakuan yang tidak proporsional sehubungan dengan konflik baru-baru ini di Ukraina," tegas Anwar.

"Dan konflik selama 75 tahun di wilayah Palestina yang diduduki. Komunitas internasional, tidak bisa mengabaikan serangan Israel yang terus menerus terhadap hak-hak dasar, penghidupan dan martabat warga Palestina dari semua agama di tanah mereka sendiri," ungkap Anwar.

Anwar juga menyoroti situasi di Korea Utara yang secara gencar melakukan peluncuran rudal balistik dan program nuklirnya yang jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Dan saya pikir forum ini, yang dihadiri oleh semua pemimpin terkemuka, harus berupaya untuk mencoba dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada saat ini,” pungkas Anwar.

Turut hadir di forum tersebut, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, PM China Li Qiang dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov, serta PM India Narendra Modi. ***

Sumber : The Star | Weblink : https://www.thestar.com.my/news/nation/2023/09/07/world-cannot-stay-quiet-on-myanmar-russia-ukraine-north-korea-and-palestine-says-pm

Redaktur : Hermanto Deli | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved