Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kepala BNPT Usul Semua Tempat Ibadah di Bawah Kontrol Pemerintah

Kepala BNPT Usul Semua Tempat Ibadah di Bawah Kontrol Pemerintah

TriasPolitica.net : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Rycko Amelza Dahniel mengusulkan agar semua tempat ibadah di bawah kontrol pemerintah. Usulan itu disampaikan Rycko menanggapi pernyataan anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Safaruddin dalam rapat bersama Komisi III DPR, Senin, 4 September 2023.

Menurut Rycko, masjid atau tempat ibadah seharusnya di bawah kontrol pemerintah. Rycko mencontohkan seperti itulah aturan yang telah berlaku di Malaysia, Singapura, di Timur Tengah, hingga Afrika. Langkah itu bisa diikuti pemerintah Indonesia sehingga seluruh tempat ibadah dikontrol pemerintah.

"Mungkin dalam kesempatan yang baik ini kita perlu memiliki sebuah mekanisme untuk melakukan kontrol terhadap seluruh tempat ibadah. Bukan hanya masjid tapi semua tempat peribadatan kita," kata Rycko dalam rapat bersama Komisi III DPR yang ditayangkan di Youtube TV Parlemen, Senin (4/9/2023).

Rycko menjelaskan pemerintah dapat mengawasi setiap agenda ibadah yang digelar suatu tempat ibadah. Selain itu, juga mengawasi tokoh agama yang menyampaikan dakwah atau khotbah. Menurutnya, hal itu untuk menghindari hadirnya narasi kekerasan di tempat ibadah.

"Siapa saja yang boleh memberikan menyampaikan konten di situ. Termasuk mengontrol isi daripada konten. Supaya tempat-tempat ibadah kita ini tidak dijadikan alat untuk menyebarkan ajaran-ajaran kekerasan, ajaran kebencian, menghujat bahkan menghujat pemerintah," ungkapnya.

"Kita perlu belajar kepada negara-negara tetangga kita, Singapura, Malaysia. Negara-negara Timur Tengah, negara-negara di Afrika pun mereka sudah memiliki mekanisme kontrol terhadap tempat ibadah ini," ucap Rycko.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Safaruddin menyampaikan informasi ada masjid di wilayah Kalimantan Timur yang kerap digunakan untuk menyampaikan kritik kepada pemerintah. Apalagi ada data yang menyebut sejumlah BUMN telah disusupi gerakan radikal. ***

Simak di menit ke 2:11:05 : https://www.youtube.com/watch?v=tK_ze5RXdQE

Editor : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved