Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Aksi Bela Palestina: Semua Capres Diundang, Hanya Anies yang Datang


Aksi Bela Palestina: Semua Capres Diundang, Hanya Anies yang Datang

TriasPolitica.net : Anies Baswedan menjadi satu-satunya bakal calon presiden (bacapres) yang hadir di Aksi Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Ahad pagi, 5 November 2023. Sementara itu, dua calon presiden, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tidak terlihat hadir dalam aksi tersebut.

Wakil Ketua Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, Muhammad Zaitun Rasmin, mengatakan pihaknya sudah secara khusus mengundang para calon presiden dan para calon wakil presiden untuk menghadiri acara itu. Zaitun mengatakan aksi bela Palestina terbuka untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Seluruh bangsa Indonesia diundang, seluruh partai politik diundang. Bahkan selain undangan umum, diundang khusus bacapres dan bacawapres yang ada," kata Zaitun Rasmin sesaat sebelum memberikan Anies kesempatan berorasi.

Namun demikian, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berhalangan hadir. Zaitun tidak mengungkapkan mengapa kedua bacapres lainnya tidak bisa datang ke aksi tersebut. Meskipun begitu, Zaitun memberi himbauan kepada peserta aksi untuk tidak berprasangka buruk kepada Ganjar dan Prabowo.

Zaitun Rasmin kemudian menyampaikan kepada massa aksi harus menunjukkan akhlak yang baik dalam menyikapi hal tersebut. "Kita harus berprasangka baik, betul?" kata Zaitun kepada massa aksi. Peserta demonstrasi pun menjawab, "Betul!"

Senada dengan hal itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis mengatakan, seluruh elemen atas nama pribadi maupun kelompok sejatinya diundang untuk menghadiri aksi tersebut, termasuk ketiga pasangan capres dan cawapres.

Dan jika Anies Baswedan yang bisa datang, Cholil menegaskan, kehadiran salah satu capres ini adalah atas nama pribadi. Sebab, pihak penyelenggara telah bersepakat dalam rapat sebelum aksi untuk tidak membawa kepentingan politik dalam aksi yang menyuarakan dukungan kemerdekaan Palestina.

"Ya dalam rapat, kami memutuskan untuk mengundang seluruh elemen atas nama pribadi maupun semua kelompok. Hanya saja kami tidak mau ada satu, membawa kepentingan politik. Maka yang hadir atas nama pribadinya," kata Kiai Cholil.

Meski demikian, representatif Ganjar Pranowo bisa diwakilkan dengan kedatangan Ketua DPR RI Puan Maharani. Sementara Prabowo terwakilkan dengan kehadiran Fadli Zon. Puan pun juga sempat memberikan orasinya dengan mengutuk kekejaman Israel atas rakyat Palestina. Sementara, menurut Fadli Zon, Prabowo tidak bisa hadir karena ada kegiatan di tempat lain.

Seperti diketahui, sejumlah tokoh terlihat hadir dalam Aksi Bela Palestina yang dihadiri lebih dua juta orang dari berbagai elemen, termasuk sejumlah tokoh dan pejabat negara, di antaranya: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Ketua DPR Puan Maharani, Anggota Komite Eksekutif Interparliamentary Union (IPU) Fadli Zon, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, dan capres Anies Baswedan. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved