Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Anies Ragukan Pembangunan IKN Bisa Dorong Pemerataan Ekonomi


Anies Ragukan Pembangunan IKN Bisa Dorong Pemerataan Ekonomi

TriasPolitica.net : Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan memberi tanggapan seusai ditanya seberapa prospek pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) untuk Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Anies saat menghadiri dialog terbuka Muhammadiyah di Edutorium UMS, Rabu, 22 November 2023.

"Tentang IKN, apakah IKN prospektif untuk Indonesia?" tanya salah satu panelis bidang kesehatan dan kesejahteraan, Siti Zuhro dalam dialog tersebut.

Menanggapi hal itu, Anies menyangsikan pembangunan IKN adalah untuk tujuan pemerataan pembangunan seperti yang didengungkan pemerintah selama ini. Menurut Anies, hal tersebut hanya akan menghasilkan ketimpangan baru dengan daerah sekitar.

"Ketika tujuan membangun kota baru dan ibu kota baru adalah dengan alasan pemerataan maka itu tidak menghasilkan pemerataan yang baru, karena itu akan menghasilkan kota yang baru yang timpang dengan daerah yang ada di sekitarnya," kata Anies.

Menurut Anies pemerataan pembangunan lebih tepat dilakukan untuk meningkatkan level kota yang ada di seluruh Indonesia. Caranya membangun kota kecil menjadi menengah dan seterusnya.

"Jadi, antara tujuan mau memeratakan Indonesia tidak, kalau mau memeratakan Indonesia maka bangun kota kecil menjadi menengah, kota menengah menjadi kota besar di seluruh wilayah Indonesia bukan hanya membangun satu kota di tengah tengah hutan karena membangun satu kota di tengah menimbulkan ketimpangan yang baru," ujarnya.

Anies juga mengatakan IKN perlu dikaji lebih serius. Anies mengeklaim ada ketidaksinkronan antara tujuan dengan langkah yang diambil pemerintah terkait pembangunan IKN.

"Jadi, antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu ndak nyambung, kami melihat di sini problem karena itu ini harus dikaji secara serius karena tujuan kita Indonesia yang setara Indonesia yang merata argumennya sama langkahnya bukan dengan membangun satu kota tapi membesarkan seluruh kota yang ada di Indonesia," pungkas Anies. ***

Editor : AM. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved