Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Elektabilitas Anies Naik Menurut Lembaga Survei Australia 'Utting Research'

TriasPolitica.net : Lembaga Survei Australia Utting Research merilis hasil survei tentang elektabilitas tiga kandidat calon presiden di Indonesia. Hasilnya menunjukkan terdapat persaingan ketat antar ketiga kandidat capres. Tiga kandidat yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Jika di survei-survei lembaga dalam negeri, elektabilitas Anies jauh di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, maka dari hasil survei Utting Research nama Anies Baswedan terpaut tipis dengan perolehan 27 persen meski tetap di posisi ketiga.

"Angka keterpilihan Ganjar Pranowo sebanyak 34%, Prabowo Subianto 33%, dan Anies Baswedan 27%. Sementara sisanya 3% menjawab rahasia atau belum menentukan dan 3% tidak menjawab," ungkap Utting Research dalam rilis surveinya.

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian merespons positif hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil survei Utting Research lebih bisa diterima dari pada hasil yang dikeluarkan oleh lembaga survei di dalam negeri.

Meski di urutan ketiga, Pipin menilai elektabilitas Anies yang angkanya sebesar 27 persen dalam survei Utting Research sangat menggembirakan.

"Lembaga survei asing kami percaya tanpa kepentingan, sedangkan lembaga survei lokal biasanya kerap diasumsikan sebagai pesanan. Peningkatan elektabilitas ABW memberikan keyakinan dan optimisme pada semua pihak bahwa suara ABW bounce back dan akan terus naik hingga memenangkan pertarungan Pilpres 2024 pada Februari tahun depan," kata Pipin di Jakarta, Jumat, (28/7/2023).

Sementara itu, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan, bahwa pihaknya makin percaya diri jika Anies Baswedan bakal menjadi presiden di 2024.

Menurutnya, dalam survei itu juga disebutkan mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan perubahan dibandingkan dengan keberlanjutan. Ia mengaku bahwa hal tersebut sesuai dengan apa yang diserap oleh Partai Demokrat.

"Kami datang ke daerah-daerah dan memang seperti itu (hasil survei Utting), masyarakat memang menginginkan adanya perubahan dan perbaikan dalam semua aspek,” kata Herzaky, Senin (31/7/2023).

Survei Utting Research sendiri dilaksanakan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan metode multi-stage random sampling. Sebanyak 1.200 responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. ***

Kontributor : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net  | Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved