Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

KPU Rencanakan Percepat Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

KPU Rencanakan Percepat Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

TriasPolitica.net : Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) berencana mempercepat jadwal pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024. KPU juga berencana memperpendek durasi pendaftaran capres-cawapres tersebut.

Hal itu tertuang dalam draft rancangan PKPU tentang Pencalonan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Dalam lampiran Rancangan PKPU itu, dinyatakan bahwa tahapan pendaftaran capres-cawapres dibuka pada 10 Oktober 2023 dan ditutup pada 16 Oktober 2023.

Diketahui sebelumnya, masa pendaftaran pencalonan dimulai pada 19 Oktober hingga 25 November 2023. Jadwal ini berdasarkan PKPU 3/2022 tentang Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024. Dengan demikian, KPU berencana mempercepat pendaftaran capres-cawapres sembilan hari dari jadwal sebelumnya. Sementara itu, dalam draf PKPU tersebut, syarat batas usia minimum capres-cawapres masih 40 tahun.

Dalam lampiran PKPU tersebut, dinyatakan bahwa tahapan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan capres-cawapres berlangsung mulai 10 Oktober hingga 25 Oktober. Adapun penetapan capres-cawapres pada 13 November, sedangkan penetapan nomor urut pada 14 November.

Untuk diketahui, setelah menggelar uji publik, KPU harus mengonsultasikan rancangan PKPU tersebut kepada lembaga pembentukan undang-undang, yakni DPR dan Presiden. Artinya, masih ada kemungkinan ketentuan terkait jadwal pendaftaran capres-cawapres itu berubah sebelum akhirnya beleid tersebut ditetapkan. ***

Editor : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved