Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Putin Bertemu MBS: Bahas Hubungan Kuat Kedua Negara, Produksi Minyak dan Jalur Gaza, Palestina


Putin Bertemu MBS: Bahas Hubungan Kuat Kedua Negara, Produksi Minyak dan Jalur Gaza, Palestina

TriasPolitica.net : Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan resmi ke Arab Saudi pada Rabu, 6 Desember 2023. Dalam kunjungan itu, Putin disambut langsung oleh Putra Mahkota Arab Saudi dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman di Istana Yamamah, Kota Riyadh.

Dalam pertemuan tersebut, MBS mengatakan bahwa Arab Saudi dan Rusia bekerja sama untuk mencapai stabilitas di Timur Tengah. MBS juga mengatakan Arab Saudi dan Rusia berhasil menjalin kerja sama di bidang energi, perdagangan, dan investasi.

MBS dan Putin, dalam pernyataan bersama setelah pertemuan mereka menyoroti perlunya semua negara OPEC+ untuk mengikuti perjanjian kelompok tersebut mengenai pengurangan produksi minyak, dengan mengatakan bahwa hal itu akan melayani kepentingan ekonomi global.

Kedua pemimpin juga menyuarakan pentingnya meningkatkan kerja sama di berbagai bidang termasuk minyak dan gas, teknologi, dan komunikasi.

Menyoroti hubungan ekonomi yang kuat antara kedua negara, Putin dan MBS memuji peningkatan volume perdagangan bilateral, mencatat bahwa volume perdagangan bilateral meningkat sebesar 46 persen pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.

Mereka juga menegaskan keinginan mereka untuk memperkuat kerja sama untuk lebih lanjut. mendiversifikasi perdagangan dan meningkatkan komunikasi antara sektor swasta kedua negara untuk membantu menerjemahkan peluang perdagangan dan investasi menjadi kemitraan aktif.

Kedua pemimpin juga membahas perang Israel-Hamas dan memburuknya situasi kemanusiaan di Jalur Gaza di mana konflik tersebut telah memakan korban jiwa sedikitnya 16.015 orang.

Selain menekankan perlunya “menghentikan operasi militer di wilayah Palestina,” mereka juga menyerukan perlindungan warga sipil sejalan dengan hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional.

Hingga saat ini, Israel terus melancarkan serangan darat, laut dan udara di Jalur Gaza membuat warga Palestina berjuang untuk bertahan hidup dalam situasi yang digambarkan oleh PBB sebagai “neraka di muka bumi.”

Badan Pengungsi Palestina PBB (UNRWA) mengatakan 1,9 juta orang – 85 persen populasi Gaza – telah mengungsi, tempat penampungannya melebihi kapasitas empat kali lipat, dan tidak ada cukup bantuan untuk memenuhi “kebutuhan yang sangat besar.” ***

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/saudi-arabia/2023/12/07/MBS-Putin-highlight-need-for-all-OPEC-states-to-adhere-to-agreement-on-output-cuts

Editor : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved