Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

1 Februari: Tepat 13 Tahun yang Lalu Anies Baswedan Bacakan ‘Manifesto Nasional Demokrat’



Triaspolitica.net: Akun Instagram resmi Partai NasDem mengingatkan momentum deklarasi organisasi Nasional Demokrat pada 13 tahun lalu, yang jatuh tepat pada hari ini.

Ormas ini dideklarasikan 45 orang tokoh, dua di antaranya adalah Surya Paloh dan Anies Baswedan. Pada acara yang digelar di Istora Senayan, Jakarta tersebut, Surya Paloh menyampaikan orasi selaku pencetus, sementara Anies yang ketika itu menjadi Rektor Universitas Paramadina membacakan manifesto.

“Hari ini, 13 tahun lalu, Ormas Nasional Demokrat dibentuk oleh sejumlah tokoh nasional, tepatnya pada tanggal 1 Februari 2010. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan @aniesbaswedan termasuk di antara para 45 tokoh pendiri dan penyusun tersebut,” tulis @official_nasdem.

 

Dalam unggahan tersebut, juga ditampilkan foto yang telah dimontase bersisi momen Anies membacakan manifesto didampingi Surya Paloh dan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga sebagai inisiator dan foto saat Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada 3 Oktober 2022 lalu.

“Kini, setelah tiga belas tahun menjelang, Partai NasDem telah memilih salah satu putra terbaik bangsa, @aniesbaswedan sebagai Calon Presiden Pilihan Partai NasDem. Dengan memegang teguh manifesto politik Nasional Demokrat, perjuangan ini akan terus dilanjutkan. It’s Time Restorasi Indonesia,” tulisnya lagi.

Anies sendiri saat pendeklarasiannya sebagai capres pada 3 Oktober 2022 lalu juga mengutip penggalan isi Manifesto Nasional Demokrat tersebut.

“Kami mencita-citakan demokrasi Indonesia yang matang yang menjadi tempat persandingan keragaman dengan kesatuan dinamika dengan ketertiban kompetisi dengan persamaan kebebasan dengan kesejahteraan,” katanya ketika itu.

Saat itu Anies juga menegaskan manifesto Nasional Demokrat tersebut selalu ia pegang dan ia ingat. Dia juga menilai Partai NasDem dan Surya Paloh konsisten menjalankan pesan dalam manifesto tersebut yang mengandung semangat kematangan demokrasi, bernegara, dan menomorsatukan kepentingan negara.

Atas dasar itu pula, dia menerima mandat dari Partai NasDem untuk diusung sebagai capres 2024.

“Dengan memohon rida Allah SWT, dengan memohon petunjuk dari-Nya, dan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim kami terima, kami siap untuk menjawab tantangan itu,” jelas Anies, yang ketika resmi dideklarasikan sebagai capres masih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Berikut selengkapnya isi manifesto Nasional Demokrat yang dibacakan Anies Baswedan tersebut.

Reformasi telah dan tengah mengantar Indonesia sebagai negara demokrasi.

Tetapi, kami menolak demokrasi yang hanya sekadar merumitkan tata cara berpemerintahan tanpa mewujudkan kesejahteraan umum.

Kami menolak demokrasi yang hanya menghasilkan rutinitas sirkulasi kekuasaan tanpa kehadiran pemimpin yang berkualitas dan layak diteladani.

Kami menolak demokrasi tanpa orientasi pada publik.

Kami menolak demokrasi yang sekadar menjadi proyek reformasi tanpa arti.

Kami mencita-citakan demokrasi Indonesia yang matang, yang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, dan kebebasan dengan kesejahteraan.

Kami mencita-citakan sebuah demokrasi berbasis warga negara yang kuat, yang terpanggil untuk merebut masa depan yang gemilang, dengan keringat dan tangan sendiri.

Maka, pada hari ini kami berketetapan hati menggalang sebuah gerakan bernama NASIONAL DEMOKRAT: RESTORASI INDONESIA.

Nasional Demokrat adalah gerakan perubahan yang berikhtiar menggalang seluruh warga negara dari beragam lapisan dan golongan untuk merestorasi Indonesia. Nasional Demokrat tidak hanya bertumpu dan berpusat di Jakarta, melainkan gerakan perubahan yang titik-titik sumbunya terpencar di seluruh penjuru Indonesia.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa beserta kita.

Jakarta, 1 Februari 2010

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved