Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

12 Poin Rekomendasi China untuk Mengakhiri Perang Rusia-Ukraina


Triaspolitica.net :
Pemerintah China buka suara terkait perkembangan invasi Rusia ke Ukraina yang telah berlangsung satu tahun lamanya. China terus menjadi sorotan lantaran disebut terlibat membantu Rusia menginvasi Ukraina. Namun China membantah tuduhan tersebut.


Melalui komunike yang dirilis Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (24/2/2023), pemerintahan Presiden Xi Jinping mengungkap posisi Beijing terkait perang Rusia-Ukraina. China mengatakan telah melakukan upaya diplomasi ke berbagai negara untuk mendapatkan dukungan atas rencananya untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina.


Berikut 12 poin rekomendasi China untuk menghentikan Perang Rusia-Ukraina:


1. Menghormati Kedaulatan Semua Negara


Hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk tujuan dan prinsip Piagam PBB, harus dipatuhi dengan ketat. Kedaulatan, kemerdekaan dan keutuhan wilayah semua negara harus ditegakkan secara efektif. Semua negara, besar atau kecil, kuat atau lemah, kaya atau miskin, adalah anggota komunitas internasional yang setara. Semua pihak harus bersama-sama menjunjung tinggi norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional dan mempertahankan kejujuran dan keadilan internasional. Penerapan hukum internasional yang setara dan seragam harus dipromosikan, sementara standar ganda harus ditolak.


2. Meninggalkan Mentalitas Perang Dingin


Keamanan suatu negara tidak boleh dikejar dengan mengorbankan orang lain. Keamanan suatu kawasan tidak boleh dicapai dengan memperkuat atau memperluas blok militer. Kepentingan dan kekhawatiran keamanan yang sah dari semua negara harus ditanggapi dengan serius dan ditangani dengan benar. Tidak ada solusi sederhana untuk masalah yang rumit. Semua pihak harus, mengikuti visi keamanan bersama, komprehensif, kooperatif dan berkelanjutan dan mengingat perdamaian jangka panjang dan stabilitas dunia, membantu membentuk arsitektur keamanan Eropa yang seimbang, efektif dan berkelanjutan. Semua pihak harus menentang pengejaran keamanan sendiri dengan mengorbankan keamanan orang lain, mencegah konfrontasi blok, dan bekerja sama untuk perdamaian dan stabilitas di Benua Eurasia.


3. Menghentikan Permusuhan di Antara Kedua Belah Pihak


Konflik dan perang tidak menguntungkan siapa pun. Semua pihak harus tetap rasional dan menahan diri, menghindari mengipasi api dan memperparah ketegangan, dan mencegah krisis semakin memburuk atau bahkan lepas kendali. Semua pihak harus mendukung Rusia dan Ukraina dalam bekerja dalam arah yang sama dan melanjutkan dialog langsung secepat mungkin, sehingga secara bertahap mengurangi situasi dan akhirnya mencapai gencatan senjata yang komprehensif.


4. Melanjutkan Pembicaraan Damai


Dialog dan negosiasi adalah satu-satunya solusi yang layak untuk krisis Ukraina. Semua upaya yang kondusif bagi penyelesaian krisis secara damai harus didorong dan didukung. Komunitas internasional harus tetap berkomitmen pada pendekatan yang tepat dalam mempromosikan pembicaraan untuk perdamaian, membantu pihak-pihak yang berkonflik membuka pintu penyelesaian politik secepat mungkin, dan menciptakan kondisi dan platform untuk dimulainya kembali negosiasi. China akan terus memainkan peran konstruktif dalam hal ini.


5. Menyelesaikan Krisis Kemanusiaan


Semua langkah yang kondusif untuk meredakan krisis kemanusiaan harus didorong dan didukung. Operasi kemanusiaan harus mengikuti prinsip netralitas dan ketidakberpihakan, dan masalah kemanusiaan tidak boleh dipolitisasi. Keamanan warga sipil harus dilindungi secara efektif, dan koridor kemanusiaan harus disiapkan untuk evakuasi warga sipil dari zona konflik. Diperlukan upaya untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke wilayah yang relevan, meningkatkan kondisi kemanusiaan, dan menyediakan akses kemanusiaan yang cepat, aman, dan tanpa hambatan, dengan tujuan untuk mencegah krisis kemanusiaan dalam skala yang lebih besar. PBB harus didukung dalam memainkan peran koordinasi dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan ke zona konflik.


6. Melindungi Warga Sipil dan Tawanan Perang


Pihak-pihak yang berkonflik harus benar-benar mematuhi hukum humaniter internasional, menghindari menyerang warga sipil atau fasilitas sipil, melindungi perempuan, anak-anak, dan korban konflik lainnya, serta menghormati hak-hak dasar tawanan perang. China mendukung pertukaran tawanan perang antara Rusia dan Ukraina, dan meminta semua pihak untuk menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan untuk tujuan ini.


7. Menjaga Keamanan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir


China menentang serangan bersenjata terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir atau fasilitas nuklir damai lainnya, dan meminta semua pihak untuk mematuhi hukum internasional termasuk Konvensi Keselamatan Nuklir (CNS) dan dengan tegas menghindari kecelakaan nuklir buatan manusia. China mendukung Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir damai.


8. Mengurangi Risiko Strategis


Senjata nuklir tidak boleh digunakan dan perang nuklir tidak boleh dilakukan. Ancaman atau penggunaan senjata nuklir harus ditentang. Proliferasi nuklir harus dicegah dan krisis nuklir harus dihindari. China menentang penelitian, pengembangan, dan penggunaan senjata kimia dan biologi oleh negara mana pun dalam keadaan apa pun.


9. Memfasilitasi Ekspor Gabah


Semua pihak perlu mengimplementasikan Inisiatif Butir Laut Hitam yang ditandatangani oleh Rusia, Türkiye, Ukraina, dan PBB secara penuh dan efektif secara seimbang, dan mendukung PBB dalam memainkan peran penting dalam hal ini. Inisiatif kerja sama ketahanan pangan global yang diusulkan oleh China memberikan solusi yang layak untuk krisis pangan global.


10. Menghentikan Blokade dan Sanksi Ekonomi terhadap Rusia


Sanksi sepihak dan tekanan maksimum tidak dapat menyelesaikan masalah; mereka hanya menciptakan masalah baru. China menentang sanksi sepihak yang tidak sah oleh Dewan Keamanan PBB. Negara-negara terkait harus berhenti menyalahgunakan sanksi sepihak dan “yurisdiksi lengan panjang” terhadap negara lain, sehingga dapat melakukan bagian mereka dalam mengurangi krisis Ukraina dan menciptakan kondisi bagi negara-negara berkembang untuk menumbuhkan ekonomi mereka dan kehidupan rakyat mereka yang lebih baik.


11. Menjaga Stabilitas Industri dan Supply-chain


Semua pihak harus sungguh-sungguh menjaga sistem ekonomi dunia yang ada dan menentang penggunaan ekonomi dunia sebagai alat atau senjata untuk kepentingan politik. Diperlukan upaya bersama untuk memitigasi limpahan krisis dan mencegahnya mengganggu kerja sama internasional di bidang energi, keuangan, perdagangan pangan dan transportasi serta merusak pemulihan ekonomi global.


12. Mempromosikan Rekonstruksi Pascakonflik


Komunitas internasional perlu mengambil langkah-langkah untuk mendukung rekonstruksi pascakonflik di zona konflik. China siap memberikan bantuan dan memainkan peran konstruktif dalam upaya ini.


Sumber : Mfa.gov.cn | Weblink : https://www.mfa.gov.cn/eng/zxxx_662805/202302/t20230224_11030713.html


Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved