Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Kepala BNPT Ungkap Dua "Kiblat" Teroris di Planet Bumi: Al Qaeda dan ISIS


TriasPolitica.net :
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Rycko Amelza mengungkapkan bahwa ada dua kelompok teroris yang menjadi kiblat para teroris di muka bumi, yakni Al Qaeda dan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria).

"Saya perlu laporkan, bahwa di dunia saat ini ada dua kutub besar kelompok terorisme yang menjadi kiblat teroris di planet bumi ini," kata Rycko dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Rabu, 7 Juni 2023.

Rycko menyampaikan, kelompok teroris yang berkiblat pada Al Qaeda umumnya lebih sering menyerang simbol-simbol barat, seperti serangan bom yang terjadi di Bali pada dekade 2000-an lalu. Di Indonesia, kelompok ini beraktivitas menggunakan nama Jemaah Islamiyah yang telah bermetamorfosis ke beberapa kelompok.

Sementara itu, kelompok teroris yang berkiblat pada ISIS umumnya menjadikan aparat negara, seperti TNI dan Polri, serta tempat-tempat ibadah sebagai target mereka. Jamaah Ansharut Daulah dan Mujahidin Indonesia Timur adalah kelompok teroris yang berkiblat ke ISIS.

Rycko pun menyampaikan bahwa jaringan dua kelompok teroris tersebut di Indonesia semakin besar, ditandai dengan semakin gencarnya penindakan yang dilakukan oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror.

"Ada kesan, ada anggapan, kelompok Jemaah Islamiyah ini sudah tidak ada lagi, sebenarnya mereka sedang melakukan konsolidasi, pola rekrutmen, meningkatkan kemampuan dan menggalang dana," ungkapnya.

Rycko menyebutkan, hal itu terbukti dari penangkapan terduga teroris yang berafiliasi dengan kelompok ini di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat dalam beberapa waktu terakhir.

"Ini menunjukkan bahwa jaringan itu terus melakukan konsolidasi, mempersiapkan, dan apabila mereka sudah siap, sumber daya sudah cukup, mereka akan melakukan tindakan," kata Rycko. ***

Simak di : https://www.youtube.com/watch?v=VCWptZoikyI&ab_channel=KomisiIIIDPRRIChannel

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved