Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Menko PMK Muhadjir Effendy: Al Zaytun Bukan Sekedar Ponpes, Sudah Mirip Negara


TriasPolitica.net :
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy mengatakan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang bukan sekedar ponpes, melainkan sudah sebuah komune. Komune adalah sistem kemasyarakatan yang sudah mirip negara.

"Penilaian saya sementara Al Zaytun ini bukan hanya sebagai ponpes ya, ini sudah merupakan komune. Komune itu artinya sebuah sistem kemasyarakatan yang sudah mirip negara," ungkap Muhadjir Effendy di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Juni 2023.

Muhadjir menambahkan komune yang sudah mirip negara ini pun telah memiliki struktur hierarki dan regulasi. Oleh hierarki itu, jemaah di Ponpes Al Zaytun juga dinilai mengedepankan kepatuhan kepada pimpinannya.

"Regulasi itu sudah dibikin sedemikian rupa yang lebih mengedepankan kepatuhan kepada pimpinan. Bahkan kepatuhan tanpa serve. Itu ciri-ciri komune," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan, komune di beberapa negara telah menunjukkan penyimpangan yang sangat ekstrem. Seperti contoh, komune yang ada di Amerika Serikat yang melakukan pembunuhan massal. Kemudian di Jepang pernah terjadi pelontaran gas sarin di kereta bawah tanah.

Meski demikian, Muhadjir berharap polemik keberadaan Ponpes Al Zaytun dapat diselesaikan. Dia ingin, kontroversi Al Zaytun tak sampai menyebabkan gangguan keamanan di Indonesia.

"Mudah-mudahan komune-komune yang ada di Indonesia termasuk Al Zaytun tidak sampai sejauh itu," ungkapnya. ***

Redaktur : Abu Isa Karim D |
TriasPolitica.net
| Indonesian Islamic News Forum (IINF)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved