Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PW Ikadi Jawa Barat Tolak Pembangunan Patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat


PW Ikadi Jawa Barat Tolak Pembangunan Patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat

TriasPolitica.net : Pengurus Wilayah Ikatan Da'i Indonesia (PW Ikadi) Jawa Barat menolak rencana pembangunan patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. PW Ikadi Jawa Barat meminta agar rencana pembangunan patung Soekarno itu dibatalkan.

Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan PW Ikadi Jabar yang diterima Republika.co.id pada Selasa

"Kami sangat keberatan dengan rencana pembangunan patung Ir. Soekarno tersebut dan kami meminta agar rencana tersebut dibatalkan demi kemaslahatan yang lebih besar," bunyi surat pernyataan sikap PW Ikadi Jabar, Selasa, (22/08/2023).

Surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum PW Ikadi Jabar, KH Arif Ramdani mengungkapkan sejumlah pertimbangan PW Ikadi Jabar sehingga menolak pembangunan patung Soekarno di Kabupaten Bandung Barat tersebut.

PW Ikadi Jabar berpendapat bahwa cara menghormati Soekarno sebagai pendiri bangsa tidak harus dengan membangun patung yang megah dengan biaya yang sangat mahal. Tetapi dengan cara meneruskan cita-cita mulianya dalam membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang maju, mandiri, bermartabat, serta menanamkan semangat perjuangan Soekarno khususnya pada generasi muda.

Selain itu PW Ikadi Jabar berpendapat bahwa pembangunan patung Soekarno di Kabupaten Bandung bukan suatu yang mendesak. Bahkan dinilai akan menimbulkan kontradiktif dengan situasi dan kondisi Jawa Barat yang masih menghadapi berbagai persoalan dalam bidang ekonomi, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM.

PW Ikadi Jabar menilai, prioritas pembangunan di Jabar hendaknya fokus pada pengentasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, pembenahan infrastruktur, pembukaan lapangan kerja, dan program lain yang realistis yang manfaatnya dirasakan langsung masyarakat Jabar.

Selain itu dengan rencana biaya pembuatan patung yang besar dinilai akan melukai hati masyarakat. Kendati menggunakan dana pihak ketiga, namun menurut PW Ikadi Jabar akan lebih maslahat digunakan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

"Kultur masyarakat Jabar yang religius dan mayoritas penduduknya beragama Islam, maka pembangunan patung akan menimbulkan kontroversi secara ideologi terutama di kalangan para ulama, karena dapat menimbulkan kultus individu dan berpotensi menjadi sumber penyimpangan akidah bagi kaum Muslim terutama kalangan masyarakat awam," pernyataan PW Ikadi Jabar.

Selain itu Ikadi Jabar berpendapat bahwa pembangunan patung mengganggu situasi masyarakat Jabar yang sudah kondusif, toleran, dan penuh persaudaraan. Karena itu PW Ikadi Jabar mendesak Pemprov Jabar dan pihak-pihak yang terlibat dalam rencana pembuatan patung Soekarno itu memperhatikan aspirasi para ulama, ormas Islam, dan tokoh masyarakat serta lembaga Islam. ***

Redaktur : Abu Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad


Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram TriasPolitica.net. Klik : WA Grup & Telegram Channel

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved