Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Munas NU 2023: Haram Bertanya soal Agama dan Meminta Fatwa pada Teknologi AI

Munas NU 2023: Haram Bertanya soal Agama dan Meminta Fatwa pada Teknologi AI

TriasPolitica.net : Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Nahdlatul Ulama (NU) mengharamkan bertanya soal agama maupun meminta fatwa menggunakan sarana aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Perkembangan teknologi AI telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang. Namun soal keagamaan, khususnya Islam, teknologi AI belum bisa memenuhi syarat untuk dijadikan sumber rujukan.

Hal itu disampaikan KH Hasan Nuri Hidayatullah, Ketua Komisi Bahtsul Masail Waqiiyah Munas Alim Ulama NU 2023 saat menggelar Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Selasa, 19 September 2023.

"Kaitan dengan kecerdasan buatan tentang suatu hal yang dibahas mengenai bolehnya bertanya kepada AI yang dalam hal ini untuk dijadikan sebagai pedoman atau pedomani. Jadi kalau disimpulkan dilarang atau diharamkan atau tidak boleh," ujar Kiai Hasan saat konferensi pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa, (19/9/2023).

Kiai Hasan menjelaskan, kebenaran jawaban dari AI belum dapat dijamin, meskipun dalam beberapa hal AI mungkin "lebih cerdas" ketimbang manusia. Selain itu, jawaban yang disuguhkan melalui sarana AI juga bergantung pada informasi-informasi yang diterima oleh platform berbasis AI tersebut. Sementara itu, tidak ada yang dapat menjamin informasi-informasi tersebut berasal dari sumber yang kredibel dan otoritatif untuk memberi fatwa berdasarkan paham ahlussunah wal jamaah.

Kiai Hasan juga menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar teknologi AI masih diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang basisnya non-muslim. Karenanya, diharapkan agar masyarakat tidak memanfaatkan teknologi AI untuk bertanya berbagai hal terkait fatwa.

Kiai Hasan berharap NU bisa membangun aplikasi berbasis teknologi AI sendiri, agar isi kontennya terjamin. "Harapannya NU kedepannya bisa membangun AI sendiri. Agar isinya terjamin dari ulama dan ahli yang jelas," ujar Kiai Hasan.

Rangkaian agenda Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Nahdlatul Ulama (NU) 2023 berlangsung mulai 18-20 September 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Berbagai persoalan keagamaan dibahas dalam Munas tersebut, salah satunya pemanfaatan teknologi AI. ***

Editor : AM. Isa Karim D | TriasPolitica.net | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved